- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Cek Profil Marcos Sorato, Pelatih Futsal Terbaru Indonesia yang Pernah Juara Dunia Dua Kali

  • Bagikan
Marcos Sorato. (Foto: twitter @planetfutsal97)

Indo1.id – Timnas Futsal Indonesia akhirnya mendapatkan pelatih baru setelah Mohammad Hashemzadeh mengundurkan diri pada Juli 2023.

Pelatih baru tersebut adalah Marcos Sorato, seorang pelatih asal Brasil yang memiliki prestasi gemilang di dunia futsal.

Marcos Sorato resmi ditunjuk sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia pada Jumat (4/8/2023) oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Penandatanganan kontrak dilakukan oleh Ketua Umum FFI, Hary Tanoesoedibjo, dan disaksikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga.

“Barusan kita melihat penandatanganan kontrak untuk penunjukan Mr. Marcos Sorato, sebagai head coach futsal Indonesia, ini berita baik, saat coach yg sebelumnya dari Iran pulang, ada kaperluan di negaranya,” kata Hary Tanoesoedibjo dalam konferensi pers.

“Kabar baik bagi para pecinta Timnas Futsal Indonesia, Marcos Aurelio Sorato Zapelini, atau dikenal dengan Marcos Sorato, dari Brasil, akan menjadi pelatih utama Timnas Futsal Indonesia,” tulis FFI dalam akun Instagram resminya.

Baca Juga :  UFC 287 : Israel Adesanya KO Alex Pareira di Ronde Kedua!

Siapa sebenarnya sosok Marcos Sorato? Berikut adalah profil singkatnya:

Latar Belakang

Marcos Sorato lahir pada 13 Februari 1969 di Sao Paulo, Brasil.

Ia merupakan mantan pemain futsal profesional yang bermain di posisi sayap kiri. Ia memulai karier futsalnya di klub Brasil, Corinthians, pada tahun 1986.

Pada tahun 1992, ia pindah ke Spanyol dan bergabung dengan klub Playas de Castellon.

Di sana ia meraih tiga gelar juara liga futsal Spanyol pada tahun 1994, 1998, dan 2000. Ia juga pernah bermain untuk klub lain di Spanyol seperti El Pozo Murcia dan Caja Segovia.

Pada tahun 2001, ia kembali ke Brasil dan membela klub Malwee Jaragua. Di sana ia meraih satu gelar juara liga futsal Brasil pada tahun 2002.

Ia juga pernah membela tim nasional futsal Brasil pada tahun 1996 dan 2000.

Baca Juga :  Virus Rabies, Ancam Hewan Peliharaan di Indonesia

Ia pensiun sebagai pemain pada tahun 2003 dan beralih menjadi pelatih. Ia memulai karier kepelatihannya sebagai asisten pelatih di klub Playas de Castellon di bawah PC De Oliveira.

Prestasi

Sebagai pelatih, Marcos Sorato mencapai puncak kesuksesannya saat menjadi pelatih tim nasional futsal Brasil dari tahun 2009 hingga 2012.

Ia berhasil membawa Brasil menjuarai Piala Dunia Futsal dua kali berturut-turut pada tahun 2008 dan 2012.

Pada tahun 2011, ia dinobatkan sebagai Pelatih Futsal Terbaik Dunia oleh Federasi Futsal Internasional (FIFUSA).

Ia juga pernah melatih beberapa pemain futsal terkenal seperti Falcao, Neto, Vinicius, dan Fernandinho.

Selain menjadi pelatih tim nasional futsal Brasil, Marcos Sorato juga pernah melatih beberapa klub futsal di berbagai negara seperti Italia, Rusia, Uni Emirat Arab, dan China.

Klub terakhir yang ia latih adalah Zhuhai Ming Shi di China hingga tahun 2023.

Visi dan Misi

Baca Juga :  Kerajaan Belanda akan Mengembalikan Ratusan Benda Bersejarah ke Indonesia

Marcos Sorato mengaku senang dan terhormat bisa menjadi pelatih Timnas Futsal Indonesia.

Ia mengatakan bahwa ia tertarik dengan perkembangan futsal di Indonesia yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir.

“Saya sangat senang bisa bergabung dengan Timnas Futsal Indonesia. Saya melihat perkembangan futsal di Indonesia sangat bagus dan saya ingin membantu tim ini mencapai prestasi lebih tinggi,” kata Marcos Sorato.

Ia juga mengatakan bahwa ia memiliki visi dan misi untuk meningkatkan kualitas futsal Indonesia baik dari segi teknis maupun mental.

Ia berharap bisa membawa Timnas Futsal Indonesia lolos ke Piala Dunia Futsal 2024.

“Visi saya adalah membuat Timnas Futsal Indonesia menjadi tim yang kompetitif, disiplin, dan berani. Misi saya adalah mempersiapkan tim ini untuk menghadapi kualifikasi Piala Dunia Futsal 2024 dan berusaha lolos ke putaran final,” ujar Marcos Sorato.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan