Lima Tradisi Unik Di Indonesia Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan

  • Bagikan
Manfaat Puasa Ramadhan

Tradisi Tabuh Bedug digelar dengan berselawat serta menabuh bedug itu sebagai tanda sukacita menyambut datangnya bulan Ramadan.

Kegiatan ini dilakukan oleh peserta yang berjalan sambil berselawat di kompleks Masjid Menara Kudus, Desa Kauman, Kudus, Jawa Tengah. Kemudian peserta menabuh bedug di atas menara saat prosesi tradisi Tabuh Bedug Blandrangan.

5. Mattunu Solong

Warga di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) memiliki tradisi unik menyambut bulan suci Ramadan yakni Mattunu Sulong.

Mattunu Sulong merupakan tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun, dengan harapan mendapat keberkahan dari sang pencipta.

Tradisi ini dilakukan dengan beramai-ramai menyalakan pelita (cahaya). Pelita yang telah menyala ditempatkan pada seluruh bagian rumah, di antaranya pagar, halaman, anak tangga, pintu masuk hingga dapur.

Baca Juga :  Syekh Ibnu Atha'illah: Istirahatkan Dirimu Dari Kesibukan Mengatur Kebutuhan Duniamu!

Melalui tradisi ini, Juma juga mengungkapkan harapan kepada Tuhan yang maha esa agar senantiasa memberi kesehatan dan umur panjang. Sehingga tahun depan bisa kembali menunaikan ibadah puasa.

Itulah 5 tradisi unik menyambut bulan Ramadhan di Indonesia, kalau di tempat kamu ada tradisi apa? 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan