Teladani Sifat Rasulullah SAW, Sebagai Uswatun Khasanah di Bulan Ramadhan!

  • Bagikan
Teladani Sifat Rasulullah SAW, Sebagai Uswatun Khasanah di Bulan Ramadhan!

4. Pribadi yang sabar dan toleran

Baca Juga : Barang Bekas Berkualitas Hanya Di Pasar Waru Kaligawe Semarang
Beliau hidup serumah dengan Abu Thalib; paman, yang setia. Meskipun belum mau masuk Islam, beliau tetap sabar dan hidup serumah dan harmonis. Karena beliau menyadari bahwa hidayah itu dari Allah SWT dan tidak perlu dipaksakan.

Allah SWT berfirman yang artinya:

“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk”.(QS. al-Qashash/28: 56)

5. Pribadi yang tegas

Terhadap siapapun, beliau akan bersifat tegas tetapi tidak benci. Terhadap orang kafirpun besikap tegas, tetapi ketegasannya itu dengan penuh cinta. Allah SWT berfirman, yang artinya:

Baca Juga :  Kisah Haru Siti Fatimah RA dan Penjahit Baju di Hari Lebaran!

“Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap tegas terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka…” (QS.al-Fath/48:29)

6. Pribadi yang Maksum

Bahwa Nabi Muhammad SAW itu adalah sosok pribadi yang terpelihara dari dosa dan kesalahan. Karena apa yang datang dari beliau berupa wahyu yang datang dari Allah SWT.

Baca Juga :  Acara Dakwah Gus Miftah Hari Ini: Strategi Menjadi Pemimpin yang Terpercaya.

Allah SWT berfirman, yang artinya:

“dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya (3 )Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)(4).“(QS. an-Najm/53:3-4)

 

  • Bagikan