- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Teknik Membuat Abon Ayam yang Enak, Kering, dan Tahan Lama Hingga Berbulan-Bulan.

  • Bagikan
?????? ??????? ???? ???? ???? ????, ??????, ??? ??ℎ?? ???? ℎ????? ????????-?????. (???? ????????? ???_?ℎ???ℎ???????ℎ?)

Indo1.id – Dikutip dari BrilioFood melalui YouTube Santo Sapi pada hari Rabu (5/4), kita tidak perlu menggoreng abon berkali-kali untuk membuatnya kering.

Pertama-tama, ayam perlu dibersihkan terlebih dahulu dan dimasukkan ke dalam wajan untuk direbus.

Jangan lupa tambahkan seikat lengkuas, daun salam, dan daun jeruk ke dalamnya.

“Kita memasaknya sampai daging ayam matang dan lembut,” ujar Santo Sapi.

Sambil menunggu ayam matang, persiapkan bumbu halus terlebih dahulu. Campurkan bawang putih, kunyit, dan lengkuas. Haluskan semua bahan hingga tercampur rata. Sisihkan.

Baca Juga :  Wisata Kuliner Pemancingan dan Ikan Bakar Suharno 2 Jimbaran Bandungan

Setelah ayam matang, angkat dan tiriskan. Setelah dingin, suwir-suwir ayam dengan tangan. Untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus, Santo Sapi bahkan menumbuk suwiran ayam Sisihkan.

Panaskan sedikit minyak di dalam wajan, lalu tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi. Setelah itu, tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, irisan gula merah, dan kuah kaldu ke dalam wajan, aduk rata.

Baca Juga :  Deppa Tori Kue Khas Tanah Toraja, Kamu Udah Coba?

Setelah air mendidih, masukkan suwiran ayam tadi ke dalamnya. Tambahkan garam dan kaldu bubuk, aduk dan masak hingga abon ayam menjadi kering.

“Proses ini memakan waktu sekitar 20 menit, hingga abon siap dan terpisah-pisah serta tidak menggumpal,” jelas Santo Sapi.

Terus masak abon hingga benar-benar kering. Karena jika masih mengandung air, abon akan cepat basi saat disimpan. Setelah matang dan benar-benar kering, matikan kompor dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, abon ayam siap untuk disajikan atau disimpan sebagai stok.

Baca Juga :  Resep Ayam Kungpao, Olahan Ala Tiongkok Tuk Penggemar Pedas!

Abon ayam ini dapat bertahan hingga berbulan-bulan jika disimpan dalam wadah yang kering, terutama jika disimpan di dalam kulkas,” tambah Santo Sapi.
Video ini dari YouTube Santo Sapi telah ditonton hampir 40 ribu kali. Tertarik untuk mencobanya?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan