- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Pertunjukan Budaya Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Usaha Kecil Menengah

  • Bagikan
π‘ƒπ‘’π‘Ÿπ‘‘π‘’π‘›π‘—π‘’π‘˜π‘Žπ‘› π΅π‘’π‘‘π‘Žπ‘¦π‘Ž π·π‘œπ‘Ÿπ‘œπ‘›π‘” π‘ƒπ‘’π‘Ÿπ‘‘π‘’π‘šπ‘π‘’β„Žπ‘Žπ‘› πΈπ‘˜π‘œπ‘›π‘œπ‘šπ‘– π‘‘π‘Žπ‘› π‘ˆπ‘ π‘Žβ„Žπ‘Ž 𝐾𝑒𝑐𝑖𝑙 π‘€π‘’π‘›π‘’π‘›π‘”π‘Žβ„Ž (πΉπ‘œπ‘‘π‘œ πΈπ‘™π‘ β„Žπ‘–π‘›π‘‘π‘Ž.π‘π‘œπ‘š)

Indo1.id – Wakil Ketua MPR, Ahmad Muzani, mengunjungi acara seni dan budaya di Desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada hari Kamis (4/5/2023).

Menurut Muzani, acara ini yang menampilkan pertunjukan meriam kuluwung karbit merupakan festival rakyat yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Dengan adanya acara semacam ini, ekonomi dan UKM dapat berkembang pesat. Kami berharap bahwa acara ini akan membawa manfaat yang lebih besar lagi,” kata Muzani pada kesempatan tersebut.

Baca Juga :  Project S TikTok, Proyek Ritel Online yang Disebut Ancam UMKM Indonesia

Muzani hadir bersama dengan anggota DPR, Mulyadi, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi Gerindra.

Muzani menyatakan bahwa festival seni ini sudah menjadi bagian dari budaya lokal. Setelah 13 tahun tidak diadakan, festival ini digagas kembali oleh anggota DPRD Kabupaten Bogor, Anshori.

Meriam kuluwung ini dibuat dari pohon randu dengan diameter lebih dari setengah meter dan panjang mencapai 8-11 meter.

“Dulu saya sering bermain meriam seperti ini, tetapi terbuat dari bambu. Ukurannya tidak sebesar ini dan suaranya juga tidak sekeras ini. Namun, saya percaya bahwa festival seni budaya seperti ini sangat menarik dan harus dijaga kelestariannya,” tambah Muzani.

Baca Juga :  Pengamat Ekonomi Khawatirkan Harga Barang Impor dari Tiongkok Bersaing dengan Produk Dalam Negeri Melalui TikTok Shop

Selain untuk melestarikan seni dan budaya, festival semacam ini juga memberikan insentif bagi pertumbuhan ekonomi di desa, khususnya untuk UKM.

Sebagai hasilnya, para pelaku UKM yang berada di sekitar lokasi dapat memperoleh keuntungan dengan berdagang di sana.

“Di mana saja, festival memberikan manfaat yang baik bagi pertumbuhan ekonomi di desa-desa, terutama untuk UKM,” tegas Sekjen Partai Gerindra itu.

Baca Juga :  Fantastis! Ternyata SWDKLLJ di STNK Bisa Dicairkan Sampai Rp 50 Juta.

Muzani juga mengingatkan panitia acara festival meriam kuluwung ini untuk memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan. Karena suara yang dihasilkan oleh meriam kuluwung ini sangat keras dan dapat membahayakan pendengaran.

“Untuk festival di tahun-tahun mendatang, perlu diperhatikan aspek keselamatan dan keamanannya. Karena suara yang dihasilkan oleh meriam kuluwung ini sangat keras dan dapat membahayakan kesehatan ibu-ibu dan bapak-bapak yang lebih tua,” tutup Muzani.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan