Rekomendasi Oleh-Oleh Jakarta yang Wajib Dibeli

  • Bagikan
π‘ƒπ‘’π‘ π‘Žπ‘‘ π‘‚π‘™π‘’β„Ž-π‘œπ‘™π‘’β„Ž π·π‘Žπ‘› πΎπ‘’π‘Ÿπ‘Žπ‘—π‘–π‘›π‘Žπ‘› π½π‘Žπ‘˜π‘Žπ‘Ÿπ‘‘π‘Ž (πΎπ‘’π‘™π‘–π‘›π‘’π‘Ÿ π‘˜π‘œπ‘‘π‘Ž π‘“π‘œπ‘‘π‘œ)

10. Kue Biji Ketapang
Oleh-oleh khas Jakarta lain yang populer adalah kue biji ketapang. Kue ini berbahan dasar tepung terigu, margarin, gula pasir, garam, santan, telur, dan vanili. Seperti namanya, kue ini mirip dengan biji ketapang aslinya tetapi dengan rasa yang manis dan renyah.

Jadi pada zaman dulu, daerah Betawi banyak ditumbuhi pohon ketapang, yang mana bijinya punya rasa gurih dan renyah. Hal itulah yang kemudian menginspirasi pembuatan kue ini, yang dapat tahan lama hingga berbulan-bulan.

11. Kue Telur Gabus
Oleh-oleh khas Jakarta selanjutnya adalah kue telur gabus. Kue dengan bentuk kembung panjang ini punya rasa yang gurih dan asin. Kue ini dibuat menggunakan telur, mentega, garam, tepung sagu atau kanji, dan keju parut. Sebutan kue telur gabus diambil karena bentuknya yang memang menyerupai telur ikan gabus, yakni kecil lonjong dan meruncing.

Baca Juga :  Ini Oleh-Oleh Khas Yang Perlu Kamu Beli Saat ke Banjarmasin.

12. Miniatur Monas
Tidak lengkap rasanya jika ke Jakarta tidak membawa miniatur ikonik Jakarta, Monas. Biasanya miniatur ini terbuat dari tembaga dengan ukuran 15 cm. Suvenir ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan meja kerja atau meja rumah.

13. Kebaya Betawi
Kebaya Betawi, atau yang dikenal dengan kebaya encim, merupakan kebaya yang memiliki bentuk desain bagian depannya runcing atau mengerucut. Pada awalnya kebaya ini dikenal dengan sebutan kebaya noni karena dibawa dari kultur Belanda.

Berbeda dari kebaya Jawa, kebaya ini berwarna polos dan tidak ada bordir. Namun kini kebaya encim mulai dimodifikasi dan banyak variasinya. Pakaian adat Betawi ini digambarkan sebagai simbol keindahan, kedewasaan, kecantikan, keceriaan, dan kearifan.

Baca Juga :  Rekomendasi Hotel Murah di Makasar, Nyaman Tanpa Merogoh Kocek Terlalu Dalam

14. Pangsi Betawi
Pangsi Betawi merupakan setelan pakaian berupa baju kemeja polos yang agar longgar, dipadukan dengan celana yang juga longgar. Pakaian ini umumnya dipakai oleh laki-laki dalam adat Betawi.

15. Kue Geplak
Oleh-oleh khas Jakarta selanjutnya adalah kue geplak. Kudapan ini terbuat dari beras yang agak pera, kelapa parut, gula pasir, gula merah, daun pandan, dan garam. Cara membuatnya dengan menggiling beras pera hingga menjadi tepung, lalu sangrai bersama daun pandan hingga berwarna kuning.

Kue khas Betawi ini memiliki tekstur yang lembut, kenyal dan manis seperti mochi. Adapun nama geplak sendiri berasal dari proses pembuatannya yang ditepuk-tepuk dengan tangan hingga menimbulkan bunyi β€œplak”.

16. Kue Ape
Kue ini mudah untuk dijumpai di jalanan dan berbentuk menyerupai pancake. Nama kue ini berasal dari logat unik orang Betawi yang menyebut vokal A menjadi E, dimana sang pembeli yang bertanya β€œini kue ape?” dan sang pedagang menjawab dengan β€œiya kue ape” yang merupakan nama kue tersebut.

Baca Juga :  Hotel Murah di Lampung Nyaman dan Terjangkau

Kue ape terbuat dari olahan tepung beras dan tepung terigu yang dicampur dengan susu atau perisa pandan. Hidangan ini dapat dijumpai di sekitar Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

17. Boneka Ondel-ondel Mini
Oleh-oleh khas Jakarta yang wajib untuk dibeli adalah boneka ondel-ondel mini. Seperti yang diketahui, ondel-ondel merupakan ikon khas Jakarta berupa boneka raksasa yang digerakkan oleh orang didalamnya.

Boneka ondel-ondel mini biasanya terbuat dari anyaman bambu yang dihiasi dengan pernak-pernik pakaian dan aksesoris. Awalnya masyarakat Betawi menganggap ondel-ondel dinilai sebagai pengusir roh jahat dan penolak bala.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan