- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

5 Wilayah di Aceh Barat Terkena Banjir Dampak Cuaca Ekstrem

  • Bagikan
5 ??????ℎ ?? ???ℎ ????? ??????? ?????? ?????? ????? ??????? (???? ????)

Indo1.id – Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang telah melanda Kabupaten Aceh Barat selama dua hari terakhir, mengakibatkan lima wilayah di daerah tersebut terkena banjir.

Banjir yang disebabkan oleh luapan sungai tersebut telah merendam sejumlah fasilitas umum dan memutuskan akses jalan antar wilayah.

Kelima wilayah yang terkena banjir adalah Sungai Mas, Pante Ceureumen, Woyla Barat, Kaway 16, dan Meureubo.

Baca Juga :  Info Terkini, Banjir di Demak: Situasi Semakin Parah dan Meluas!

Menurut salah seorang warga Desa Napai bernama Nyak Umar, kondisi banjir paling parah terjadi di wilayah Sungai Mas dan Woyla Barat dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.

“Selain hujan yang cukup deras, banjir terjadi karena Sungai Woyla dan Meureubo meluap dan tidak mampu menampung debit air yang besar, sehingga membanjiri tempat tinggal warga,” ujar Nyak Umar pada hari Senin (8/5/2023).

Baca Juga :  Kehabisan Bekal Tak Punya Tempat Tinggal, WNA di Bali Berkemah.

Nyak Umar juga menjelaskan bahwa banjir telah merendam sebagian besar desa setinggi 1,5 meter sehingga warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Banjir juga telah merendam beberapa fasilitas umum dan memutuskan akses jalan antar wilayah,” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Rescue BPBD Aceh Barat bernama Rahmat mengatakan bahwa petugas sedang melakukan pemantauan di beberapa titik banjir.

Baca Juga :  Dalam Rangka Menyambut Ramadhan RRI Semarang Selenggarakan PTQ.

“Menurut data sementara, terdapat 24 desa yang terkena banjir di lima wilayah, dengan ketinggian air bervariasi antara 50 centimeter hingga 2,5 meter,” tutup Rahmat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan