- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Apa Manfaat dan Mitos Kayu Stigi? Masih Banyak Yang Belum Tahu Khasiatnya!

  • Bagikan
Pohon Stigi di Kepulaan Karimunjawa. (Foto: dijelasdotin)

Indo1.id – Kayu stigi berasal dari sebuah pohon dengan nama  ilmiah  Phempis acidula dan  tergolong dalam genus pemphis, suku Lythraceae, dan termasuk ordo atau bangsa Myrtales.

Ada beberapa nama untuk menyebut pohon stigi, diantaranya ialah Santigi, Cantigi, Cantingi, Centingi. Di Réunion dan Mauritius, pohon stigi dikenal dengan nama Bois Matelot dan Miki Miki.

Mitosnya, Kayu stigi merupakan kayu memiliki kekuatan magis dan khasiat. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang menjulukinya sebagai raja kayu bertuah.

Ciri khusus dari kayu stigi mempunyai ciri – ciri keras, kuat, padat, tidak berongga dan juga dinamis. Salah satu keunikan dari kayu stigi ini dalam usia yang tua ia akan tenggelam kalau ditaruh di air.

Baca Juga :  Mitos Manfaat Kayu Tlogosari di Dunia Spiritual

Ternyata masih sedikit masyarakat yang mengenal dan pernah mendengar tentang kayu stigi. Apalagi mendengar tentang manfaat, mitos dan khasiat kayu stigi.

Padahal, selain di kenal di Indonesia, kayu stigi  juga bisa ditemui di pesisir Asia selatan dan Asia Tenggara, seperti Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Sri Lanka, dan juga pesisir Australia bagian utara.

Serta kepulauan Pasifik, seperti Mikronesia, Fuji, Guam, Kaledonia. Selain itu kayu Stigi juga dapat ditemui di daerah Afrika TImur, seperti Maladewa dan Tanzania.

Kayu Stigi selain tidak banyak dikenal masyarakat, Faktanya, kayu Stigi adalah jenis kayu yang sudah hampir punah, maka sudah pasti kayu stigi ini masuk ke dalam salah satu komoditi yang dilindungi pemerintah.

Baca Juga :  Manfaat Air Rebusan Kulit Nanas untuk Kesehatan, Belum Tahu Kan? Catat!

Untuk memperolehnya tidak bisa sembarangan asal tebang seperti pohon randu atau mangga, tapi harus memiliki surat khusus dan tujuan tertentu yang jelas manfaatnya.

Lalu kenapa sih  kayu stigi ini dulunya banyak dicari orang? Apa saja manfaat dan khasiat dari kayu setigi ini?

Kayu stigi memberikan banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang ingin mendapatkan kayu stigi untuk kepentingan pengobatan. Diantaranya adalah :

• Kayu  stigi dipercaya dapat meredakan diabetes maupun rematik. Sehingga beberapa orang mencari dan mengolahnya untuk dijadikan obat alternatif.

• Membantu untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam sakit penyakit. Oleh sebab itu ramuan dari kayu stigi tersebut dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi penyakit seperti flu atau batuk pilek.

Baca Juga :  Banyak Manfaat Penting Senam Wajah agar Kulit Sehat dan Awet Muda

• Beberapa orang juga percaya bahwa kayu stigi berkhasiat untuk menyembuhkan sel kanker. Namun hal ini masih membutuhkan bukti serta penelitian yang lebih mendalam.

Selain manfaat yang telah disampaikan diatas, terdapat manfaat lain dari kayu stigi yang dipercaya oleh masyarakat tradisional.

• Media penangkal santet / guna-guna
• Kekebalan
• Keselamatan
• Babur rezeki
• Pengisian khodam dan energi

Pada dasarnya, mitos manfaat dan khasiat kayu setigi ini adalah manfaat yang masih bersifat sugestif, mistis, supranatural dan sifatnya adalah metafisik, sehingga untuk menentukan apakah benar kayu stigi ini memiliki manfaat kita kembalikan ke keyakinan masing-masing.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan