Simak Rukun Qurban, Syarat Hewan Qurban dan Doa Menyembelih Hewan Qurban!

  • Bagikan
Kambing dan sapi untuk Qurban. (Foto :ihatec)

4. Alat untuk menyembelih.
Ini adalah alat yang digunakan untuk memotong leher hewan kurban. Syaratnya adalah alat tersebut harus tajam dan bisa membuat darah keluar dengan cepat. Alat tersebut bisa berupa pisau, belati, pedang, atau benda tajam lainnya, kecuali gigi dan tulang.

Syarat hewan qurban adalah kriteria-kriteria yang harus dipenuhi oleh hewan yang akan disembelih sebagai kurban agar sah dan diterima oleh Allah SWT. Berdasarkan hadis dari Abu Hurairah RA yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari², ada beberapa syarat hewan qurban, yaitu:

1. Sehat. Hewan kurban tidak boleh cacat atau sakit secara fisik maupun mental. Misalnya tidak boleh buta sebelah atau kedua-duanya, pincang sebelah atau kedua-duanya, gila, kurus kering, atau terkena penyakit menular.

2. Utuh. Hewan kurban tidak boleh kehilangan anggota tubuhnya secara total atau sebagian besar. Misalnya tidak boleh buntung telinga atau tanduknya, putus ekor atau kakinya, atau bolong matanya.

3. Berkualitas. Hewan kurban harus memiliki kualitas baik sesuai dengan jenisnya. Misalnya tidak boleh berbulu tipis, berdaging sedikit, atau berumur tua.

Baca Juga :  Banyak Yang Nanya,  Apa Beda Umroh Sama Ibadah Haji? Bukan Sekadar Beda Istilah!

4. Sempurna. Hewan kurban harus memiliki kesempurnaan sesuai dengan syariat Islam. Misalnya tidak boleh tercampur antara jantan dan betina, atau terkena najis atau haram.
5. Milik sendiri. Hewan kurban harus milik pribadi atau satu orang jika hewan kurbannya berupa kambing atau domba. Namun untuk unta, sapi, atau kerbau boleh berstatus milik bersama karena ketiga jenis hewan ini bisa dijadikan kurban untuk 7-10 orang.

Selain syarat-syarat di atas, hewan kurban juga harus memenuhi batasan usia minimum sesuai dengan jenisnya. Berdasarkan hadis dari Jabir bin Abdullah RA yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, batasan usia minimum hewan kurban adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Gus Baha Bagikan Wirid Agar Tidak Terlilit Hutang dan Hidup Tak Pernah Kesusahan

– Unta: 5 tahun.
– Sapi atau kerbau: 2 tahun.
– Kambing atau domba: 1 tahun.

Doa menyembelih qurban adalah bacaan yang diucapkan oleh orang yang menyembelih hewan kurban sebelum dan sesudah melakukan penyembelihan. Doa ini bertujuan untuk menyatakan niat dan memohon ridha Allah SWT atas ibadah qurban yang dilakukan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan