- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Manfaat Luar Biasa dari Biji Pepaya untuk Kesehatan, Belum Tahu Kan? Simak!

  • Bagikan
??????? ???? ????? ???? ???? ?????? ????? ????ℎ????. (?ℎ?????? ????)

Indo1.id – Biji pepaya, yang sering kali diabaikan dan dibuang begitu saja saat mengupas pepaya, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh dan aman untuk dikonsumsi.

Biji pepaya, yang berbentuk bulat kecil dan berwarna hitam, mengandung asam lemak tak jenuh, serat, dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat biji pepaya seperti yang dilaporkan oleh Hello Sehat:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Tidak hanya buahnya, biji pepaya juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Biji pepaya kaya akan serat yang membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Konsumsi serat ini juga dapat mencegah penyakit pencernaan seperti radang usus dan wasir.

Baca Juga :  Suka Begadang? Ini Cara Mengurangi Dampak Negatifnya, Simak!

2. Mencegah Penyakit Kanker

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer (2014) menyebutkan bahwa ekstrak biji pepaya dapat mengurangi peradangan dan mencegah perkembangan sel-sel kanker. Selain itu, biji pepaya juga dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Biji pepaya memiliki kemampuan melindungi dan menjaga fungsi ginjal. Ginjal memiliki peran penting dalam menyaring senyawa beracun dari darah. Tingginya kandungan antioksidan dalam biji pepaya dapat mencegah kerusakan sel-sel ginjal dan menjaga kesehatannya.

Baca Juga :  Benarkah Hujan Buatan Mengandung Asam? Berbahayakah Bagi Kesehatan? Dan Adakah Manfaatnya?

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam biji pepaya, termasuk asam oleat, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Lipids (2005) menunjukkan bahwa diet tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 22% pada pasien diabetes.

Baca Juga :  Perhatikan, Simak Jenis Penyakit Yang Biasa Di Alami Si Buah Hati Pasca Lebaran!

Ini adalah empat manfaat biji pepaya yang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Namun, penting untuk memperhatikan batas konsumsi biji pepaya agar tidak menimbulkan efek samping. Hindari mengonsumsi biji pepaya dalam jumlah yang berlebihan karena dapat mengganggu kerja sel-sel sehat dalam tubuh. Jika ingin merasakan manfaatnya, pastikan untuk membatasi jumlah konsumsi biji pepaya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan