- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Daun Senna: Tanaman Herbal dengan Manfaat Bagi Kesehatan

  • Bagikan
Ilustrasi daun senna. (Foto: hellosehat)

Indo1.id – Daun senna atau Cassia angustifolia dalam bahasa Latin telah dikenal sebagai salah satu jenis tanaman herbal yang kaya manfaat bagi kesehatan.

Tanaman yang berasal dari Afrika Utara ini telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan, terutama sembelit, selama berabad-abad.

Manfaat yang ditawarkan oleh daun senna berasal dari beragam kandungan zat gizi dan senyawa aktif yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga :  Tak Hanya Harum, Bunga Melati Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Lho, Simak!

Di antaranya adalah kalium, kalsium, magnesium, zat besi, vitamin A, serta vitamin B kompleks. Selain itu, senyawa aktif seperti sennosida, karoten, flavonoid, dan tannin juga turut memberikan kontribusi dalam memberikan manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah empat manfaat potensial dari daun senna bagi kesehatan:

1. Mengatasi Sembelit

Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics menyebutkan bahwa kandungan sennosida dalam daun senna memiliki efek pencahar yang membantu melembutkan feses dan merangsang kontraksi usus.

Baca Juga :  Tips Hindari Kesalahan Penggunakan Make Up Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Hal ini berkontribusi dalam meningkatkan kelancaran proses buang air besar, sehingga dapat membantu mengatasi masalah sembelit.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan