- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Wisata Sejarah Candi Singhasari: Saksi Bisu Kejayaan Kerajaan Singasari

  • Bagikan
Candi Singhasari yang mempesona. (Foto : instagram @amazingmalang)

Indo1.id – Candi Singhasari adalah salah satu candi peninggalan Kerajaan Singasari yang terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Candi yang juga dikenal dengan Candi Renggo ini pertama kali ditemukan sekitar abad ke-18 dan dibangun sejak tahun 1300 Masehi.

Candi ini merupakan tempat pendharmaan bagi raja Singhasari terakhir, Kertanegara, yang meninggal pada tahun 1292 akibat dibunuh oleh Jayakatwang dari Gelang-gelang.

Baca Juga :  Goa Tetes, Wisata Alam yang Menggabungkan Air Terjun dan Gua

Candi Singhasari memiliki arsitektur yang unik dan megah, dengan bentuk stupa berundak yang terdiri dari 10 tingkat, dengan tinggi mencapai 35 meter.

Candi ini juga memiliki 504 arca Buddha, 72 stupa berlubang dengan arca Buddha di dalamnya, dan 2.672 panel relief yang menggambarkan ajaran Buddha.

Candi ini juga menyimpan banyak fakta menarik dan misterius, seperti ilmu matematika canggih yang terkandung dalam geometri fraktalnya.

Baca Juga :  Rekomendasi 3 Tempat Wisata Di Semarang Untuk Keluarga Jelang Liburan Sekolah !!

Simbolisme kosmologi Buddha dalam desainnya, serta kisah perjalanan spiritual sang pembangunnya yang bernama Gunadharma.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan