Apa Sih Pengaruh Starlink terhadap Kedaulatan Siber Indonesia?

  • Bagikan
Ilustrasi Internet cepat Starlink yang mau masuk Indonesia. (Foto: twitter @starlink)

Indo1.id – Starlink, proyek satelit internet milik Elon Musk, anak perusahaan SpaceX, akan segera masuk ke Indonesia melalui kerjasama dengan PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat).

Starlink menawarkan layanan internet berkecepatan tinggi dengan menggunakan satelit orbit rendah (low earth orbit/LEO) yang lebih dekat dengan permukaan bumi dibandingkan satelit geostasioner (geostationary orbit/GEO) yang biasa digunakan oleh operator telekomunikasi lainnya.

Starlink diklaim mampu memberikan akses internet ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh infrastruktur kabel atau gelombang radio.

Starlink juga mengandalkan teknologi laser Inter Satellite Link (ISL) yang berfungsi sebagai backbone atau tulang punggung jaringan, sehingga tidak membutuhkan gateway atau stasiun bumi di darat.

Namun, kehadiran Starlink di Indonesia juga menimbulkan sejumlah kontroversi dan kekhawatiran terkait dengan kedaulatan siber Indonesia.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Jauh Tekhnologi AI (Artificial Intellegence) dan Manfaatnya Bagi Dunia Bisnis

Kedaulatan siber adalah hak dan kewenangan suatu negara untuk mengatur dan mengendalikan ruang siber di wilayahnya, termasuk infrastruktur, data, informasi, dan aktivitas pengguna internet.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan