- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Mencuat Usulan Duet Prabowo dengan Ganjar, Apakah Benar dan Jadi Kenyataan?

  • Bagikan
Prabowo Subianto saat bertemu Ganjar Pranowo beberapa waktu yang lalu. (Foto: twitter @ganjarpranowo)

Indo1.id – Isu duet antara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 kembali mencuat belakangan ini.

Usulan ini muncul setelah Ganjar mengaku tidak menutup kemungkinan untuk berpasangan dengan Prabowo jika ada kesepakatan antara PDIP dan Gerindra.

Namun, apakah usulan ini akan menjadi kenyataan atau hanya sekedar isu saja?

Beberapa pakar politik memberikan analisisnya terkait peluang duet Prabowo-Ganjar.

Direktur Eksekutif IndoStrategic, Ahmad Khoirul Umam, menilai duet itu mungkin terwujud jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa meyakinkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk bersatu.

Baca Juga :  Kelompok Petani Tembakau Deklarasi Dan Berdoa Dukung Ganjar Pranowo Menjadi Presiden

Menurutnya, Jokowi bisa memanfaatkan fakta bahwa posisi Ganjar tidak menguntungkan jika lolos ke putaran kedua, karena kemungkinan besar akan dihadapkan dengan gabungan kubu lain.

“Jika itu terjadi, maka PDIP terancam bisa kalah dobel, yakni kalah pilpres dan pileg sekaligus. Untuk mengantisipasi itu, kekuasaan saat ini tampaknya mencoba menempuh langkah terakhir untuk mempertemukan dua ego besar antara elite PDIP dan Gerindra, yang sejak awal memang susah dipertemukan,” kata Umam, Kamis 21 September 2023.

Baca Juga :  Bukti PDIP Partai Gotong Royong, Team Relawan Pemenangan Ganjar Dibentuk

Senada dengan Umam, Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno juga menegaskan duet Ganjar dan Prabowo ini bisa terwujud.

Namun, dia menilai Gerindra dan Prabowo yang jadi kunci duet ini bisa terlaksana.

“Duet Ganjar-Prabowo bisa terwujud, kuncinya cuma satu, Prabowo dan Gerindra mau, itu saja tak ada yang lain,” kata Adi Prayitno, Kamis 21 September 2023.

Sementara itu, Prabowo sendiri buka suara mengenai isu duet ini. Prabowo tidak menampik ataupun mengonfirmasi wacana duet itu. Menteri pertahanan ini hanya menegaskan banyak pihak yang ingin adanya persatuan.

“Saya mendengar banyak sekali orang-orang yang ingin persatuan. Saya mendengar banyak sekali orang-orang yang ingin kita bersatu. Saya mendengar banyak sekali orang-orang yang ingin kita bekerja sama,” kata Prabowo saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (20/9/2023).

Baca Juga :  Kumpul di Pulau Kaliage, Koalisi Perubahan Bahas Banyak Hal, Termasuk Isu Penjegalan!

Prabowo juga mengatakan bahwa dirinya selalu siap untuk bekerja sama dengan siapa pun demi kepentingan bangsa dan negara.

“Saya selalu siap bekerja sama dengan siapa pun asalkan demi kepentingan bangsa dan negara. Saya selalu siap bekerja sama dengan siapa pun asalkan demi kepentingan rakyat Indonesia,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan