- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Prabowo Subianto Resmi Umumkan Gibran Rakabuming Raka, Putra Sulung Jokowi Sebagai Cawapres KIM

  • Bagikan
Para petinggi Koalisi Indonesia Maju bersama Prabowo Subianto Umumkan Gibran Rakabuming Raka Sebagai Cawapres. (Foto: X @Primaco.id)

Indo1.id – Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), telah mengumumkan nama cawapresnya.

Prabowo memilih Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya.

Pengumuman ini dilakukan usai Prabowo menggelar rapat dengan semua ketua umum partai politik di KIM di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023) malam.

Hadir dalam rapat tersebut antara lain Airlangga Hartarto (Golkar), Zulkifli Hasan (PAN), Yusril Ihza Mahendra (PBB), AHY (Demokrat).

“Baru saja koalisi indonesia maju kita telah berembuk secara final, secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres,” ujar Prabowo dalam jumpa pers di kediamannya.

Prabowo mengatakan bahwa ia dan Gibran akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023).

Baca Juga :  Tampak Mesra, Jusuf Kala Puji Prabowo Saat Berkunjung di Kediamannya!

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua partai pendukungnya yang telah memberikan kepercayaan kepadanya.

“Kami akan mendaftar ke KPU pada hari Rabu. Kami berterima kasih kepada seluruh partai-partai yang telah memberikan amanah kepada kami untuk memimpin Indonesia ke depan,” kata Prabowo.

Sementara itu, Gibran yang juga hadir dalam jumpa pers tersebut mengaku siap untuk mendampingi Prabowo sebagai cawapres.

Ia mengatakan bahwa ia akan berusaha untuk memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.

“Saya siap untuk menjadi cawapres Pak Prabowo. Saya akan belajar banyak dari beliau yang merupakan tokoh senior dan berpengalaman. Saya juga akan berusaha untuk memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara,” ucap Gibran.

Gibran juga menegaskan bahwa pencalonannya sebagai cawapres bukanlah bentuk dinasti politik, melainkan afirmasi bulat dari partai-partai di KIM.

Baca Juga :  Gibran Akhirnya Tegaskan Hanya Akan Hadiri Debat Resmi yang Diselenggarakan KPU! Kenapa Ya?

Ia menambahkan bahwa ia tidak pernah mendapat intervensi dari ayahnya, Jokowi, terkait pencalonannya tersebut.

“Ini bukan dinasti politik, ini adalah afirmasi bulat dari partai-partai di KIM yang melihat potensi saya sebagai pemimpin muda. Saya tidak pernah mendapat intervensi dari Bapak Presiden terkait pencalonan saya. Ini adalah keputusan saya sendiri,” tegas Gibran.

Pencalonan Gibran sebagai cawapres Prabowo mengejutkan banyak pihak, mengingat ia merupakan keponakan dari Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dan adik ipar dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sendiri.

Namun, hal ini juga mendapat dukungan dari sebagian besar masyarakat, terutama para penggemar Jokowi.

Menurut survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), jika Gibran maju sebagai cawapres Prabowo, maka suara Prabowo akan meningkat 3,4% dibandingkan dengan jika ia tidak memiliki cawapres.

Berikut pernyataan lengkap Prabowo umum Gibran sebagai cawapresnya:

Selamat malam saudara-saudara. Baru saja Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari 8 partai politik, yaitu Partai Golongan Karya, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, Partai Garda Republik, dan Partai Prima, yang dihadiri lengkap oleh ketua umum masing-masing dan sekretaris jenderal masing-masing, kita telah berembuk secara final secara konsensus.

Baca Juga :  Prabowo Resmikan Kantor DPD Gerindra di Banten

Seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029, dan saudara Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju. Saya kira itu pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu.

Ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25 hari Rabu kita akan daftar di KPU. Demikian, terima kasih. Saya kira tidak perlu ada pertanyaan lagi. Ini keputusan aklamasi, bulat dan konsensus. Dan kita siap maju untuk Indonesia Maju.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan