Mengenal Lebih Jauh Tekhnologi AI (Artificial Intellegence) dan Manfaatnya Bagi Dunia Bisnis

  • Bagikan
Tekhnologi Aplikasi Artificial Intellegence yang banyak manfaatnya untuk dunia bisnis (foto: Grafity)

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar konsumen terus membeli produk bisnis adalah melalui penggunaan teknologi Artificial Intelligence ini.

Alasannya karena teknologi ini bisa mengenal perilaku selera hingga gaya hidup konsumen.
Kemudian, data tersebut akan dianalisis untuk menciptakan pola dan juga tren yang saat itu sedang diminati konsumen.

Artinya, AI dapat memberikan pilihan sesuai rekomendasi keinginan konsumen. Teknologi yang sudah terotomatisasi ini tentunya sangat bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis Anda.

Baca Juga :  Cara Bikin Status WhatsApp Dengan Rekaman Suara, Sudah Tahu?

Khususnya perihal pengumpulan data kebutuhan konsumen untuk menciptakan produk dan/atau layanan bisnis yang sesuai.

5. Membantu Proses Pembuatan Konten

Jika bisnis Anda bergerak di bidang digital dan kerap membuat konten di berbagai platform media sosial, maka menggunakan teknologi Artificial Intelligence adalah pilihan yang tepat, namun beresiko terkena penalty dari Google.

Contohnya seperti berbagai software berteknologi Auto Generated Content yang dapat membantu mengeksekusi ide-ide kreatif sesuai perintah Anda.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk membuat konten marketing bisnis. Selain ChatGPT, ada juga Digital Intelligence Assistant atau DIA, yakni asisten penulisan email berbasis AI.

Baca Juga :  Sekilas Mengenal Ondel-Ondel Betawi, Tradisi Budaya Jakarta

Perusahaan yang menggunakan fitur tersebut pada dashboard email akan terbantu dalam penulisan subjek, preheader, hingga body email. Sedangkan Anda cukup memasukkan perintah dan menyunting hasil yang DIA berikan.

6. Meningkatkan Pengalaman Konsumen

Manfaat teknologi Artificial Intelligence yang terakhir adalah dapat meningkatkan pengalaman konsumen.

Hal ini tidak terlepas dari peran AI yang dapat menjadi asisten virtual untuk bantu menanggapi pertanyaan dan keluhan konsumen dengan cepat.
Jadi, situasi ini bisa teratasi dengan lebih efisien.

Baca Juga :  Mengenal Reog Ponorogo, Warisan Budaya dan Tradisi yang Menyimpan Cerita Rakyat

Misalnya, penggunaan chatbot yang menggabungkan dua teknologi sekaligus, yakni teknologi AI percakapan dan teknologi Natural Language Processing atau NLP.

Gabungan kedua teknologi ini akan menghasilkan pesan yang dipersonalisasi, sehingga dapat membantu pelanggan untuk menemukan solusi terbaik dari permasalahan mereka.

Tidak hanya itu saja, teknologi ini juga dapat mengurangi beban kerja tim customer service.

Dengan begitu, produktivitas mereka bisa meningkat dan dapat mengerjakan tugas lainnya yang tidak bisa dilakukan oleh teknologi AI.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan