- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Rekor Mengerikan: Suhu Bumi Lampaui Angka Kritis 2 Derajat Celcius

  • Bagikan
Ilustrasi perubahan iklim yang membuat capaian rekor mengerikan. (Foto: JS UGM)

Berikut adalah beberapa dampak perubahan iklim jika suhu Bumi naik 2 derajat Celcius:

– Suhu panas ekstrem akan meningkat sebesar 37 persen, dibandingkan dengan 14 persen jika suhu ditekan dengan kenaikan di bawah 1,5 derajat Celcius. Hal ini akan meningkatkan risiko kematian, dehidrasi, dan kebakaran hutan.

– Permukaan laut akan naik sebesar 0,46 meter, dibandingkan dengan 0,4 meter jika suhu ditekan dengan kenaikan di bawah 1,5 derajat Celcius. Hal ini akan menyebabkan banjir, erosi, dan pengungsian jutaan orang yang tinggal di daerah pesisir.

Baca Juga :  Tips Bermain Hero Benedetta ala RRQ Ferxiic, Cepat dan Mematikan!

– Es laut Arktik akan hilang sepenuhnya setiap 10 tahun sekali, dibandingkan dengan setiap 100 tahun sekali jika suhu ditekan dengan kenaikan di bawah 1,5 derajat Celcius. Hal ini akan mengganggu ekosistem, iklim, dan kehidupan liar di wilayah kutub.

– Terumbu karang akan punah hampir seluruhnya, dibandingkan dengan 70-90 persen jika suhu ditekan dengan kenaikan di bawah 1,5 derajat Celcius. Hal ini akan menghilangkan sumber makanan, pariwisata, dan perlindungan pantai bagi jutaan orang yang bergantung pada mereka.

Baca Juga :  Portugese Man O' War, Cantik Tapi Mematikan, Pesona Laut yang Berbahaya!

– Produksi pangan akan menurun secara signifikan, terutama di daerah tropis dan subtropis, dibandingkan dengan sedikit penurunan jika suhu ditekan dengan kenaikan di bawah 1,5 derajat Celcius. Hal ini akan meningkatkan risiko kelaparan, kemiskinan, dan konflik.

  • Bagikan