Mitos Pulau Arnavat, Tempat Mandi Penyembuhan di Demak

  • Bagikan
Pulau Arnavat di desa Surodadi Kabupaten Demak, simpan kisah dan mitos. (Foto: Rumah Berita)

Perairan ini merupakan aliran dari sawah ke laut yang tidak terlalu deras. Konon, nenek moyang warga setempat memanfaatkan air tersebut untuk ritual mandi sebagai salah satu metode penyembuhan.

Supriyanto menuturkan bahwa banyak orang sakit berdatangan ke La’rogo untuk mencari kesembuhan.

Saat kecil, dia juga sempat mandi di lokasi tersebut lantaran sakit-sakitan.

Baca Juga :  Mitos Ajian Pancasona, Adakah Yang Masih  Mendalaminya di Era Ini?

“Tempat orang mengobati orang sakit di situ banyak. Bahkan saya waktu kecil sering dimandikan di situ. Alhamdulillah karena dulu kan juga sakit lama, sampai umur 4 tahun atau 5 tahun itu gak bisa jalan,” terangnya.

Cara mandi di La’rogo berbeda-beda. Ada yang membuang pakaian, ada pula yang mandi di waktu tertentu. Lama metode mandi penyembuhan di lokasi itu maksimal selama 7 hari berturut-turut.

Baca Juga :  Mitos Misteri Pabrik Gula Kalibagor, Jejak Kolonial Belanda yang Angker di Banyumas

“Generasi (era) dulu itu cara memandikannya sebelum terbitnya matahari atau terbenamnya matahari. Jadi biasanya mandi di situ, pakaiannya dibuang yang dipakai sebelum mandi,” terangnya.

“Ada juga begini, waktu hari ini sakit, sakitnya itu karena kecelakaan atau sakitnya itu karena apa, itu pakai pakaian apa, terus dibawa ke situ mandi dibuang di situ. Kita buang di situ sebagai bentuk membuang sial agar luntur ke lautan lepas, jadi penyakitnya loss,” sambungnya.

  • Bagikan