Kisah Mitos Peradaban Kuno di Lereng Gunung Lawu Yang Melegenda!

  • Bagikan
Candi Cetho, salah satu candi di lereng Gunung Lawu yang memiliki kisah misteri. (Foto: Indosphere)

Beberapa peninggalan yang masih bisa ditemukan di sana antara lain adalah batu-batu besar yang disusun menjadi tembok, sumur, kolam, dan fondasi rumah.

Konon, Kampung Dandang memiliki hubungan dengan Kerajaan Majapahit, terutama dengan Prabu Brawijaya V, raja terakhir Majapahit yang menyepi ke Gunung Lawu.

Ada yang mengatakan bahwa Kampung Dandang adalah tempat tinggal para pengikut Brawijaya V yang setia, yang menolak untuk masuk Islam.

Baca Juga :  Mitos dan Misteri Hotel Siranda Kota Semarang Yang Bikin Penasaran!

Ada pula yang mengatakan bahwa Kampung Dandang adalah tempat latihan para prajurit Majapahit yang akan berperang melawan Kerajaan Keling.

2. Candi Sukuh dan Candi Cetho

Dua candi yang terletak di lereng barat Gunung Lawu, yaitu Candi Sukuh dan Candi Cetho, juga menjadi bukti adanya peradaban kuno di kawasan tersebut.

Kedua candi ini dibangun pada abad ke-15 Masehi, menjelang runtuhnya Kerajaan Majapahit. Kedua candi ini memiliki arsitektur dan relief yang unik dan berbeda dari candi-candi lain di Jawa.

Baca Juga :  Temuan Harta Karun Peninggalan Atlantis di Lautan Indonesia Timur, Bukti Keberadaan Peradaban Kuno yang Hilang

Candi Sukuh memiliki bentuk yang menyerupai piramida Mesir, dengan tinggi sekitar 15 meter.

  • Bagikan