- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Mahasiswa PNJ Pamerkan Karya dan Hasil Inovasi di Ajang 2nd PBL Expo

  • Bagikan
Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menggelar 2nd Project Based Learning Expo x Competitive Fund 2024.

Indo1.id – Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menggelar 2nd Project Based Learning Expo x Competitive Fund 2024.

Disini dipamerkan berbagai macam karya hasil kreatifitas mahasiswa dan dosen yang berbasis kebutuhan dunia industri.

PBL Expo ini digelar selama dua hari mulai 12- 13 Juni 2024 di Gedung Auditorium Perpustakaan Lt.3 Politeknik Negeri Jakarta.

Direktur PNJ, Syamsurizal mengatakan, PBL Expo ini menampilkan hasil karya inovatif mahasiswa yang telah menerapkan konsep pembelajaran berbasis proyek dalam berbagai bidang studi.

Kegiatan ini sudah dua tahun digelar dan diharapkan menjadi budaya yang terus bisa dilaksanakan di PNJ.

Baca Juga :  Begini Pengakuan PM Belanda soal Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

“PBL Expo menjadi budaya di PNJ dan bisa berkelanjutan. Jadi disini dipamerkan beragam hasil karya mahasiswa sesuai dengan keunggulan masing-masing jurusan,” katanya.

Produk yang dipamerkan antara lain timbangan bayi hasil karya mahasiswa Teknik Elektro, rancangan bangun gedung hasil karya mahasiswa Teknik Sipil serta berbagai aplikasi dan software hasil karya mahasiswa Administrasi Niaga.

Syamsu mengatakan PNJ sudah menerapkan metode pembelajaran project based learning (PBL) yang diharapkan sinergi dengan kebutuhan dunia industri.

Sehingga lulusan PNJ dapat langsung diserap dunia industri.

Baca Juga :  Waduh, Kepala BKKBN Bilang 50 Ribu Anak Menikah Dini Karena Hamil di Luar Nikah

“Kami memang belum 100 persen menerapkan PBL. Saat ini baru 50 persen saja dan kita akan tingkatkan, karena ini baru tahun kedua sejak Peraturan dari Dirjen Vokasi dikeluarkan. Tahun lalu kita laksanakan dan tahun ini akan mendorong tiap jurusan melaksanakan,” ujarnya.

Project Based Learning Expo x Competitive Fund merupakan ajang tahunan yang menghadirkan berbagai proyek kreatif dan inovatif dari mahasiswa PNJ.

Tahun ini, kegiatan PBL Expo x Competitive Fund menampilkan tujuh proyek dari setiap jurusan yang mencakup berbagai disiplin ilmu seperti teknik, bisnis, teknologi informasi, dan desain.

Baca Juga :  Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Silaturahmi Ke KH Munif Muhammad Zuhri, Giri Kusumo, Demak!

Setiap proyek merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa dan dosen, yang bertujuan untuk memberikan solusi nyata terhadap berbagai tantangan industri dan masyarakat.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari siswa SMA/SMK, praktisi industri, hingga masyarakat umum yang tertarik dengan inovasi teknologi dan pendidikan.

“Kami harapkan 2 nd Project Based Learning Expo x Competitive Fund 2024 dapat menjadi jembatan antara dunia pendidikan dan industri, sekaligus mendorong terciptanya kolaborasi yang lebih erat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,”katanya.

  • Bagikan