- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

E-Tol, Transaksi Berkendara di Ruas Jalan Tol

  • Bagikan

Indo1- Featured. Bagi anda yang senang berpergian menggunakan mobil pribadi kemanapun anda pergi,  kini tak perlu risau lagi harus memilih melalui ruas jalan mana. Saat ini, sebagian besar ruas jalan terkoneksi dengan jalan tol.

Tapi ingat, jalan tol berbeda dengan jalan biasa. Untuk bisa mengakses jalan tol dibutuhkan E-Tol, jadi anda tidak perlu repot harus menyiapkan uang tunai.

E-Tol  telah disosialisasikan sejak tahun 2017, adapun fungsi E-Tol  untuk memudahkan pembayaran elektronik saat bertransaksi  di gerbang masuk menuju jalan tol.

E-Tol  hampir serupa bentuknya dengan kartu atm, ketika anda telah berada di gerbang masuk, kartu ini tinggal di tempelkan saja pada mesin pembaca, seketika plang otomatis terbuka sendiri.

Hingga kini, hampir keseluruhan tol di Indonesia telah menggunakan pembayaran secara elektronik di setiap gardunya, atau disebut juga Gardu Tol Otomatis.

Bagi anda yang telah memiliki mobil pribadi sebelumnya, pasti sudah tidak asing, dan terbiasa menggunakan E-Tol, namun tidak demikian bagi orang yang awam, atau  baru pertama kali menggunakan E-Tol dengan mobil pribadi.

Terkadang masih ada dijumpai kebinggungan saat memasuki gardu tol. Oleh karena itu ada baiknya, ketahui dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan jalan tol, pastikan anda telah memiliki E-Tol, tahu cara menggunakannya, dan yang terpenting saldo E-Tol tersebut harus terisi sesuai tujuan yang akan kita tempuh, pasalnya, tidak semua gerbang tol ada tempat untuk Top Up E-Tol anda.

Anda pun tidak perlu gusar mencari mesin atam untuk mengecek saldo  E-Tol, karena di setiap transaksi akan tertera di monitor dekat plang otomatis, berapa saldo E-Tol yang dimiliki.

Mudah bukan, anda tidak perlu repot lagi harus menyediakan uang tunai, karena dipastikan, di gardu tol sudah tak terlihat lagi ada petugas yang dahulu biasanya melayani pembayaran tunai di dalam gardu, dan kemunculannya melalui jendela.

Jadi letakkan E-Tol selalu didekat anda, agar mudah meraihnya, pastikan E-Tol anda direkatkan pada tongkat, sehingga kepala, dan badan anda tidak perlu ikutan keluar jendela, atau membuka pintu saat proses E-Tol ditempelkan.

Selamat berkendara, patuhi selalu rambu lalu lintas……

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *