3. Jika Anda memang harus meminjam uang, pastikan bahwa Anda memahami semua persyaratan dan ketentuan pinjaman, termasuk jangka waktu pembayaran dan biaya-biaya yang terkait.
4. Jika Anda mengalami kesulitan membayar pinjaman, segera hubungi kreditur Anda dan cobalah untuk menyelesaikan masalah tersebut secara damai.
5. Jangan mengabaikan tagihan Anda. Jika Anda memiliki tagihan yang belum dibayar, penting untuk mengatasi masalah itu dengan segera. Jika Anda mengabaikannya, tagihan tersebut dapat dikirim ke debt collector.
7. Jika Anda merasa bahwa Anda telah diperlakukan secara tidak adil atau hak-hak Anda dilanggar oleh debt collector, segera hubungi pihak berwajib, Badan Perlindungan Konsumen atau advokat untuk mendapatkan bantuan.
Berurusan dengan debt collector mungkin tidak menyenangkan, tetapi penting untuk memahami hak-hak Anda sebagai konsumen dan mencari solusi yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.
Sebisa mungkin hindari untuk berurusan dengan debt collector dengan cara membuat anggaran dan berpegang teguh pada anggaran tersebut untuk menghindari hutang yang tidak perlu dan menunda pembelian barang-barang yang tidak diperlukan jika kondisi keuangan Anda sedang tidak stabil.