- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

8 Persiapkan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan

  • Bagikan
8 Persiapkan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan ( foto: Ilustrasi )

4. Bertaubat

Hendaknya bertaubat terlebih dahulu sebelum memasuki bulan Ramadhan, meminta maaf kepada keluarga dan teman, serta memohon ampun kepada Allah SWT., supaya diberi kelancaran ketika melaksanakan puasa Ramadhan.

5. Menguatkan Niat

Hendaknya kita menguatkan niat untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas dan hanya mencari Ridho dari Allah SWT, tanpa ada niatan yang lainnya. Fokuskan diri hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.

6. Perbanyak Doa dan Amalan

Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, hendaknya senantiasa berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Selain berdoa, diperlukan juga memperbanyak amalan kebaikan. Kebaikan kecil dapat dilakukan secara sederhana, mulai dari memberikan makanan, bersedekah uang, atau berbagi dengan donasi.

7. Memperbanyak Ilmu Agama

Memperbanyak ilmu agama seperti mengetahui lmu-ilmu yang berkaitan dengan bulan suci Ramadhan sehingga dapat membekali kita dalam menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan, terutama ilmu-ilmu tentang amalan di bulan Ramadhan seperti hikmah puasa Ramadhan, salat tarawih, membaca Al-Quran, I’tikaf di masjid, dan Zakat Fitrah.

Baca Juga :  Simak Tata Cara Sholat Lailatur Qodar dan Dzikirnya Lengkap Dengan Artinya!

Dengan mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Ramadhan, maka kita akan lebih siap dalam melaksanakan amalan-amalan di bulan suci Ramadhan.

8. Mempersiapkan Harta

Mempersiapkan harta di bulan Ramadhan bukan berarti untuk membeli makanan yang banyak, melainkan untuk amal ibadah seperti infak/shadaqah, zakat mal maupun zakat fitrah, atau memberi makanan buka puasa untuk orang lain.

Baca Juga :  Macam-Macam Tradisi Unik Masyakarat di Tanah Air Untuk Sambut Bulan Suci Ramadhan.

Dengan melakukan persiapan di atas semoga amal ibadah di bulan Ramahan nantinya akan lebih maksimal dan tentunya mendapat pahala dari Allah SWT. ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan