- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

LSI Laporkan PDIP Mengalami Penurunan Elektabilitas Usai Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20.

  • Bagikan
??? ???????? ???? ????????? ????????? ????????????? ???? ????????? ?????? ?????? ?? ????? ????? ?-20. (???? ????????? ???_???????)

Indo1.id – Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada tanggal 31 Maret hingga 4 April 2023 menunjukkan bahwa elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengalami penurunan.

Penurunan ini terjadi setelah FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 akibat penolakan PDIP terhadap kedatangan Timnas Israel di Indonesia.

Menurut Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam presentasinya pada tanggal 9 April 2023, pada bulan Januari 2023, elektabilitas PDIP masih mencapai 22 persen, namun turun menjadi 19,3 persen pada Februari dan 17,7 persen pada April 2023.

Baca Juga :  Jokowi Akui Tidak Undang Nasdem, 'Kan Sudah Punya Koalisi Sendiri'

Di sisi lain, elektabilitas Partai Gerindra mengalami perbaikan. Djayadi Hanan menyebutkan bahwa pada bulan Februari 2023, elektabilitas Gerindra sebesar 10,9 persen, dan meningkat menjadi 12,8 persen pada April 2023.

Partai lainnya cenderung stabil atau mengalami sedikit penurunan, seperti Golkar, PKB, Demokrat, PPP, dan PAN. Sementara itu, PKS mengalami peningkatan elektabilitas dari 5,4 persen pada Februari 2023 menjadi 7,6 persen pada April 2023.

Baca Juga :  Puncak Festival Balon Udara Wonosobo Berlangsung Meriah! Serasa di Cappadocia!

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang merupakan kader PDIP, juga mengalami penurunan elektabilitas sebesar 8,1 persen.

Dalam survei ini, elektabilitas Anies Baswedan dan Prabowo Subianto cenderung mengalami penguatan atau stabil jika dibandingkan dengan survei setahun terakhir.

Prabowo mengalami kenaikan sebesar 3,6 persen dan Anies mengalami kenaikan sedikit sebesar 1,3 persen.

Djayadi Hanan menambahkan bahwa peningkatan elektabilitas yang kecil pada Anies dan Prabowo menjadi indikasi bahwa suara yang hilang dari Ganjar Pranowo tidak terdistribusi secara merata kepada keduanya.

Baca Juga :  Hotman Paris Jadi Kuasa Hukum Korban Lift Bandara Kualanamu

Survei ini dilakukan terhadap WNI berusia 17 tahun ke atas yang memiliki nomor telepon. Sampel dipilih dengan metode random digit dialing (RDD), dan sebanyak 1.229 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan