- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Menag Yaqut Cholil Qoumas Mengimbau Umat Islam, Agar Menghormati Perbedaan Pandangan Salat Idulfitri.

  • Bagikan
π‘€π‘’π‘›π‘Žπ‘” π‘Œπ‘Žπ‘žπ‘’π‘‘ πΆβ„Žπ‘œπ‘™π‘–π‘™ π‘„π‘œπ‘’π‘šπ‘Žπ‘  π‘€π‘’π‘›π‘”π‘–π‘šπ‘π‘Žπ‘’ π‘ˆπ‘šπ‘Žπ‘‘ πΌπ‘ π‘™π‘Žπ‘š, π΄π‘”π‘Žπ‘Ÿ π‘€π‘’π‘›π‘”β„Žπ‘œπ‘Ÿπ‘šπ‘Žπ‘‘π‘– π‘ƒπ‘’π‘Ÿπ‘π‘’π‘‘π‘Žπ‘Žπ‘› π‘ƒπ‘Žπ‘›π‘‘π‘Žπ‘›π‘”π‘Žπ‘› π‘†π‘Žπ‘™π‘Žπ‘‘ πΌπ‘‘π‘’π‘™π‘“π‘–π‘‘π‘Ÿπ‘–. (πΉπ‘œπ‘‘π‘œ πΌπ‘›π‘ π‘‘π‘Žπ‘”π‘Ÿπ‘Žπ‘š π‘π‘’π‘˜π‘–π‘™π‘Žπ‘›_𝑖𝑑)

Indo1.id – Sebelum menetapkan 1 Syawal, pemerintah akan menggelar sidang isbat terlebih dahulu.

Sidang ini akan melibatkan unsur Komisi VIII DPR, pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam, duta besar negara sahabat, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Hasil Hisab (perhitungan astronomis) dan konfirmasi dari proses rukyatul hilal akan dijadikan bahan pertimbangan dalam sidang isbat.

Baca Juga :  Menag Luncurkan Ekspor Pangan Siap Saji Jemaah Haji ke Arab.

Kesepakatan hasil sidang isbat selanjutnya akan diumumkan oleh Menag Yaqut.

Gus Men mengajak seluruh pihak untuk selalu menjadikan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat sebagai ruh dan spirit dalam kehidupan keberagamaan sehari-hari. Pria yang akrab disapa Gus Men juga mengimbau pemerintah daerah untuk mengakomodir permohonan izin penggunaan fasilitas umum di wilayah kerjanya untuk kegiatan keagamaan, termasuk untuk salat Idulfitri.

Baca Juga :  Inilah Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Jangan Sampai Salah!!

Menag Yaqut juga meminta kepada seluruh pemimpin daerah agar mereka dapat mengabulkan permohonan fasilitas umum untuk penyelenggaraan shalat β€˜id, meskipun pelaksanannya berbeda dengan hasil sidang isbat yang diputuskan oleh pemerintah.

Menurutnya, hal ini penting untuk dilakukan dalam rangka merayakan perbedaan dengan cara yang arif dan bijaksana. Wali Kota Pekalongan juga dipuji karena telah memfasilitasi Ta’mir Masjid Al Hikmah untuk dapat menggunakan fasilitas umum lain dalam pelaksanaan Salat Idulfitri yang akan diselenggarakan pada 21 April 2023, sehingga masyarakat tetap dapat terfasilitasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan