- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Rudraksha, Buah Yang Dipercaya Sebagai Tetesan Air Mata Dewa

  • Bagikan
????????? ???ℎ ??? ???? ???????.

Indo1.id – Di Indonesia, terdapat lebih dari 30.000 spesies tumbuhan, namun hanya 200 spesies yang digunakan sebagai bahan baku obat tradisional.

Salah satu tanaman herbal yang belum banyak dimanfaatkan adalah rudraksha atau lebih dikenal dengan nama genitri.

Genitri (Elaeocarpus sphaericus Schum) adalah tumbuhan berbiji dengan pohon yang dapat mencapai ketinggian 25-30 meter.

Batangnya tegak dan berwarna cokelat, dengan daun bergigi di sepanjang tepinya dan meruncing di bagian ujungnya. Buah genitri berbentuk gandul (bulat dan kecil) dengan diameter sekitar 2 centimeter. Kulit buahnya hijau ketika masih muda dan berubah menjadi biru cerah ketika sudah matang.

Di India, negara yang paling sering menggunakan buah ini, pohon genitri dikenal sebagai rudraksha dan diyakini tumbuh karena tetesan air mata Dewa Siwa jatuh pada tanamannya.

Baca Juga :  Yuk Bikin Pupuk Alami Untuk Adenium Kamu, Biar Cantik dan Berbunga Lebat!

Walaupun India banyak memanfaatkan rudraksha, negara penghasil buah genitri terbesar adalah Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, dan Bali.

Kandungan Buah Genitri

Walaupun genitri tumbuh banyak di Indonesia, buah ini belum banyak dimanfaatkan untuk industri obat, termasuk obat herbal. Saat ini, pohon genitri digunakan sebagai tanaman hias di tepi jalan, dan kayunya dimanfaatkan dalam industri petukangan sebagai bahan baku alat musik seperti gitar dan piano.

Sementara itu, biji buah genitri sering digunakan sebagai kerajinan tangan atau perhiasan seperti gelang, kalung, dan tasbih. Di India, biji genitri sering dijadikan sesajen dalam upacara.

Meskipun demikian, beberapa penelitian awal di Indonesia telah mengkaji kandungan dan potensi manfaat buah ini untuk kesehatan manusia.

Baca Juga :  Pohon Tin  Bekhasiat dan  Disebut Dalam al-Quran, Simak Jenis dan Cara Budidayanya!

Kulit buah genitri berwarna biru, menunjukkan adanya kandungan zat antioksidan jenis antosianin. Sayangnya, kandungan antosianin di dalam buah genitri masih lebih rendah dibandingkan dengan buah lain seperti anggur, stroberi, cranberi, raspberi, bahkan maqui-beri yang berasal dari keluarga yang sama dengan buah genitri.

Buah genitri mengandung zat metabolit sekunder seperti flavonoid, karbohidrat, protein, tanin, pitosterol, lemak, dan alkaloid. Berdasarkan kandungan ini, genitri dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan.

Potensi Manfaat Buah Genitri untuk Kesehatan:

1. Meringankan diare Diare ditandai dengan buang air besar yang encer dengan frekuensi lebih dari tiga kali sehari. Banyak hal dapat mengakibatkan diare, salah satu yang cukup sering terjadi adalah infeksi bakteri Staphylococcus aureus maupun Salmonella sp. Jika tidak ditangani secara cepat, diare dapat mengakibatkan dehidrasi.

Baca Juga :  Perhatikan Tips Memilih Pupuk Organik Secara Benar Jika Ingin Tanaman Subur!

Namun, efek ini dapat dicegah dengan mengonsumsi banyak cairan. Nah, kandungan flavonoid, alkaloid, dan tanin yang terdapat dalam buah genitri secara teori mampu menghambat pertumbuhan bakteri tersebut sehingga diare tidak bertambah parah

2. Menormalkan fungsi organ tubuh Dalam pengobatan tradisional Hindu, biji buah genitri dipercaya dapat mengontrol fungsi organ tubuh.

Jus buah genitri juga diyakini dapat meredakan stres dan kecemasan, mencegah peradangan di dalam tubuh, meringankan rasa nyeri, dan menurunkan kadar gula darah. Meskipun demikian, manfaat buah genitri di atas masih perlu dikaji lebih lanjut dan belum bisa dijadikan sebagai obat alternatif pengganti resep dokter.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan