Simak Manfaat Kina Yang Tidak Kita Ketahui! Salah Satunya Obat Malaria!

  • Bagikan
Tumbuhan Kina. (Dok. Jagad Tani)

Kulit kina banyak mengandung alkaloid-alkaloid yang berguna untuk bahan obat. Di antara alkaloid tersebut ada empat alkaloid yang dapat bermanfaat bagi manusia yaitu kinin, kinidin, sinkonin, dan sinkonidin.

Kini, kulit kina berfungsi sebagai depuratif, obat influenza, disentri, diare, mengatasi gangguan pembuluh darah, membantu pengobatan kanker, menyehatkan jantung, meredakan gangguan pencernaan, dan dapat pula menjadi tonik. Banyak manfaat dan potensi tanaman kina yang sebenarnya belum diketahui

Berikut ini khasiat kina bagi kesehatan:

1. Mengatasi Malaria
Manfaat kina yang pertama dan yang paling populer adalah mengatasi malaria. Manfaat tanaman kina satu ini berasal dari kandungan alkaloid, kuinina, yang terkandung dalam tanaman kina. Tanaman ini membantu meringankan gejala malaria dengan cara membunuh dan menghalangi pertumbuhan parasit malaria yang ada dalam aliran darah.

Baca Juga :  Mata Sembap Karna Menangis Terlalu Lama, Ini Cara Menghilangkan!

Penggunaan kina untuk mengatasi malaria pada ibu hamil trimester pertama juga masih dilakukan, karena memang hingga kini belum ditemukan obat malaria yang lebih kuat.

2. Mengatasi masalah pencernaan
Kina juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Kulit pohon kina dapat merangsang produksi jus pencernaan yang mengandung enzim yang dibutuhkan oleh saluran pencernaan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan