- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Istirahatmu Hanya 6 Jam? Ketahui Dampaknya Terhadap Kesehatan

  • Bagikan
??????ℎ???? ????? 6 ???? ????ℎ?? ????????? ???ℎ???? ????ℎ????. (???????? ????)

Indo1.id – Beristirahat di malam hari sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Kekurangan tidur dapat berdampak negatif pada kesehatanmu. Namun, apakah tidur selama enam jam sudah cukup?

Dikutip dari Sleep Foundation, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa tidur selama enam jam tidaklah mencukupi untuk menjaga tubuh tetap bugar. Terdapat rentang waktu yang lebih optimal, dan setiap tahap tidur memiliki peran yang berbeda.

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganggap tidur kurang dari tujuh jam per malam sebagai tidur yang kurang.

Artinya, bagi sebagian besar orang, tidur selama enam jam tidaklah mencukupi. Kebutuhan tidur yang tepat dapat berbeda antara satu orang dengan orang lain, meskipun mayoritas orang umumnya memerlukan jumlah tidur yang termasuk dalam rentang yang direkomendasikan.

Baca Juga :  Gurah Hidung Dengan Ramuan Jeruk Nipis sebagai Bahan Utama

Proses tidur yang nyenyak melibatkan beberapa tahap, di mana siklus tidur berulang kali terjadi. Setiap tahap memiliki peran dalam memperbaiki sel-sel tubuh dan mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk keesokan harinya.

Untuk merasa benar-benar istirahat, seseorang perlu menghabiskan waktu yang cukup pada setiap tahap tidur dan dapat tidur nyenyak tanpa sering terbangun. Kurang tidur atau tidur yang berkualitas buruk dapat memiliki beberapa dampak pada kesehatan.

Menurut Sleep Foundation, berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi pada tubuh jika kurang istirahat:

Baca Juga :  Khasiat Kerang Hijau untuk Kesehatan Tubuh, Simak Artikel dibawah!

Perubahan suasana hati

Dalam jangka pendek, kurang tidur dapat menyebabkan kesulitan dalam mengelola emosi, mudah tersinggung, dan rasa gelisah. Kekurangan tidur yang berlangsung lama dapat meningkatkan risiko depresi dan masalah kesehatan mental lainnya.

Risiko penyakit

Kekurangan tidur kronis telah dikaitkan dengan penyakit ginjal dan masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan sindrom metabolik. Tidur yang kurang secara konsisten dapat meningkatkan risiko seseorang terkena masalah kesehatan jantung, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Penurunan kualitas hidup

Selain mudah merasa lelah, orang yang tidur kurang juga seringkali merasa tidak nyaman secara fisik. Selain itu, tidur yang terganggu dapat mengurangi hasrat seksual dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Baca Juga :  Selain Lezat, Ini Dia Manfaat Melon Madu Bagi Kesehatan

Kurangnya konsentrasi

Beberapa dampak langsung dari kurang tidur meliputi mengantuk di siang hari, kurangnya energi, dan kehilangan motivasi. Dampak mental dari kurang tidur termasuk kesulitan berkonsentrasi, masalah ingatan, pembelajaran, kreativitas, dan pemecahan masalah.

Itulah dampak yang terjadi jika seseorang kekurangan tidur. Menurut Sleep Foundation, orang remaja disarankan tidur minimal 8-10 jam per hari. Sedangkan orang dewasa disarankan untuk tidur minimal 7 jam sehari.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan