- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Tahu Madu Hijau? Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan, Tinggi Antioksidan!

  • Bagikan
???? ????? (????? ????)

Indo1.id – Madu hijau, sebuah jenis madu yang jarang ditemui di pasaran, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Penelitian menunjukkan bahwa madu hijau dihasilkan secara alami di kawasan Filipina dan Malaysia oleh lebah yang mengonsumsi alga atau nektar dari pohon bambu yang mengandung klorofil, sehingga madu tersebut memiliki warna hijau.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal Molecules mengungkapkan bahwa madu hijau mengandung berbagai nutrisi dan fitonutrien yang bermanfaat bagi tubuh, seperti protein, asam amino, gula alami, vitamin, terpenoid, steroid, tannin, alkonoid, fenolik, saponin, dan D-limonene.

Kandungan-kandungan ini memberikan efek antioksidan, antiinflamasi, antikanker, dan antibakteri.

Berikut ini adalah manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari madu hijau:

Mencegah dan Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Baca Juga :  Buah-Buahan yang Baik untuk Penderita DBD Selain Jambu Biji

Dalam madu hijau terdapat D-limonene, sejenis fitonutrien yang memiliki sifat kemopreventif terhadap berbagai jenis kanker. D-limonene dapat membantu mencegah serta menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti yang dikutip dari jurnal Pharmacognosy Research.

Melindungi Kesehatan Jantung

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan penumpukan plak di aliran darah, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit jantung koroner yang berbahaya. Madu hijau dapat menjadi alternatif yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga :  Ini Manfaat dan Resiko Kafein Bagi Tubuh, Simak Penjelasanya!

Kandungan D-limonene dan flavonoid dalam madu hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh, seperti yang dilaporkan dalam jurnal Molecules.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan