- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Khasiat Daun Sendok Sangat Ampuh Dalam Membunuh Bakteri

  • Bagikan
?????? ???? ?????? ????ℎ ????? ???????ℎ ???????! (?????????? ????)

Indo1.id – Daun sendok, yang memiliki nama latin Plantago major, seringkali dianggap sebagai hama oleh beberapa orang. Namun, sebenarnya daun sendok memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan dan sering digunakan sebagai obat herbal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Journal Electronic Physician, daun sendok mengandung beragam fitonutrien, seperti glikosida feniletanoid, triterpenoid, asam fenolik, caffeic acid, Sterol, polisakarida, coumarin, luteolin, apigenin, hispidulin, dan asam oleanolat.

Kandungan fitonutrien ini memberikan efek positif bagi kesehatan. Berikut adalah pembahasan lebih lanjut mengenai manfaat daun sendok:

Baca Juga :  Bahaya Konsumsi Obat Pencahar yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

Melawan Infeksi Bakteri

Kandungan fenolik dan asam oleanolat pada daun sendok dapat melawan berbagai infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit. Daun sendok mampu melawan 9 jenis bakteri, termasuk Bacillus cereus, Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis, Escherichia coli, Klebsiella pneumonia, Pseudomonas aeruginosa, Proteus mirabilis, dan Salmonella enteritidis, seperti yang dikutip dalam laman Hello Sehat.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika Anda memiliki luka ringan pada kulit, daun sendok dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan. Kandungan plantamajoside, yang merupakan senyawa aktif golongan fenolik pada daun sendok, dapat mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada luka, seperti yang dilansir oleh laman Healthline.

Baca Juga :  Cara Alami untuk Meningkatkan Performa Seksual dengan Makanan

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan fitonutrien, terutama flavonoid dan polifenol, dalam daun sendok dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh. Hal ini membantu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit infeksi dan kronis, seperti yang dilaporkan dalam Journal of Leukocyte Biology.

Membantu Pencernaan yang Lancar

Kurangnya asupan serat dalam makanan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi. Daun sendok mengandung polisakarida yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Menurut studi yang dilakukan oleh jurnal Food Chemistry, kandungan polisakarida dalam daun sendok berfungsi sebagai pencahar alami dengan cara menyerap air dan membuat feses menjadi lunak serta lebih mudah dikeluarkan.

Baca Juga :  Khasiat Jamur Kancing Untuk Kesehatan Tulang, Pencernaan, dan Kulit

Mengatasi Gejala Asam Lambung

Penelitian dari National Institutes of Health menunjukkan bahwa kandungan eicosanoid atau lendir pada daun sendok dapat mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan. Hal ini bermanfaat bagi penderita asam lambung yang sedang mengalami kekambuhan. Selain itu, lendir pada daun sendok memberikan lapisan pelindung ekstra pada dinding lambung serta mencegah terjadinya luka dan iritasi yang akan memperparah kondisi medis.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan