- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Mitos dan Manfaat Kayu Cendana Yang Banyak Orang Tidak Ketahui! Cek Ya!

  • Bagikan
Ilustrasi kayu dan bubuk cendana. (Foto: pidjardotcom)

1. Mitos Sri Lanka
Terdapat mitos di Sri Lanka, bahwa pengawetan putri-putri raja menggunakan kayu cendana³. Mitos ini berasal dari cerita rakyat tentang Raja Rawana yang memiliki sepuluh putri cantik yang disebut Ashtanayika.

Raja Rawana sangat menyayangi putri-putrinya dan tidak ingin mereka menikah dengan pria lain. Ia pun memerintahkan agar putri-putrinya dikubur hidup-hidup dalam peti kayu cendana yang disegel dengan lilin dan ditanam di bawah tanah.

Menurut mitos ini, aroma harum kayu cendana dapat menjaga kesegaran tubuh putri-putri raja dan membuat mereka tetap hidup selama berabad-abad.

Mitos ini juga mengatakan bahwa jika ada orang yang berhasil menggali peti-peti tersebut dan membukanya, maka putri-putri raja akan bangkit dari kematian dan menikahi orang tersebut.

2. Mitos Jawa
Di Jawa, kayu cendana juga memiliki mitos yang berkaitan dengan kekuasaan dan kekayaan. Salah satu mitosnya adalah tentang Raja Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit yang memiliki tongkat ajaib dari kayu cendana.

Baca Juga :  Mitos Rumah Kapal Angker di Teluk Betung, Bandar Lampung

Tongkat ini disebut Kyai Gada Cakra Buwana yang memiliki kekuatan magis untuk mengalahkan musuh-musuh raja.

Menurut mitos ini, tongkat ini dibuat oleh seorang pertapa bernama Kyai Gada Cakra Buwana yang tinggal di Gunung Lawu. Ia membuat tongkat ini dari kayu cendana pilihan yang diberkati dengan mantra-mantra sakti.

Tongkat ini kemudian diberikan kepada Raja Brawijaya V sebagai hadiah atas jasanya dalam menyebarkan agama Islam di Jawa.

Baca Juga :  Investasi Berharga Yang Harus Dilakukan Sejak Remaja, Simak!

Tongkat ini dikatakan dapat memancarkan sinar terang yang dapat membutakan mata musuh atau membuat mereka ketakutan.

Tongkat ini juga dapat mengeluarkan suara gemuruh yang dapat mengguncang bumi atau membuat musuh pingsan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan