- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Ternyata Bawang Bombay Punya Manfaat untuk Kesehatan Jantung, Simak Penjelasanya!

  • Bagikan
??????? ?????? ?????? ????? ????ℎ???? ???????. (????? ??ℎ?? ????)

Indo1.id – Bawang Bombay, yang memiliki ukuran lebih besar dari bawang biasa, tidak hanya digunakan sebagai penyedap rasa, tetapi juga memiliki banyak nutrisi dan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Berikut ini adalah 5 manfaat bawang Bombay untuk kesehatan, yang dirangkum dari hello sehat com.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat bawang Bombay adalah kemampuannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini disebabkan oleh kandungan polifenol dalam bawang Bombay, yang berperan sebagai antioksidan.

Baca Juga :  Manfaat Telur Angsa Bagi Kesehatan Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Selain itu, bawang Bombay juga mengandung quercetin yang dapat mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan produksi histamin dalam tubuh. Histamin adalah senyawa yang memicu reaksi alergi seperti bersin-bersin atau gatal-gatal.

Menjaga Mood dan Suasana Hati

Mengonsumsi bawang Bombay juga dapat membantu menjaga mood dan suasana hati yang lebih baik. Hal ini berdampak pada penurunan stres, tidur yang lebih baik, dan nafsu makan yang teratur. Manfaat ini didapatkan dari kandungan folat dalam bawang Bombay yang dapat mengurangi pembentukan homosistein. Homosistein adalah senyawa yang dapat mengganggu peredaran darah dan suplai zat gizi ke otak.

Baca Juga :  Untuk Apa Sih Quality Time? Simak Penjelasannya!

Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium dalam bawang Bombay memiliki efek penurun tekanan darah. Selain itu, kandungan quercetin dalam bawang Bombay membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Memelihara Fungsi Sistem Pencernaan

Bawang Bombay kaya akan serat, yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat larut oligofructose dalam bawang Bombay mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus dan mencegah sembelit.

Baca Juga :  Ammar Zoni Besok Senin Bebas Dari Tahahan? Begini Penjelasan Kuasa Hukumnya

Mencegah Kanker

Mengonsumsi bawang Bombay juga dapat membantu mencegah kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan organosulfur dalam bawang Bombay yang berperan penting dalam mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, bawang Bombay juga mengandung quercetin, vitamin C, dan antioksidan lainnya yang memiliki efek penangkal radikal bebas dan bersifat antikanker.

Demikianlah manfaat bawang Bombay bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan