- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Simak Ciri-Ciri Terkena Diabetes, Jangan Sampai Terlambat Tahu!

  • Bagikan
Ilustrasi diabetes adalah silent killer. (Foto : Indian Today)

Indo1.id – Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Gula darah atau glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Namun, pada penderita diabetes, glukosa tidak dapat digunakan oleh tubuh dengan baik karena kurangnya atau tidak berfungsinya hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas.

Diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada organ tubuh, seperti mata, ginjal, saraf, jantung, dan pembuluh darah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri terkena diabetes sejak dini agar dapat segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Ada dua jenis diabetes yang umum terjadi, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

Baca Juga :  Serai Wangi, Tanaman Berkhasiat Sebagai Obat dan Produk Kesehatan

Diabetes tipe 2 terjadi ketika sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin sehingga insulin tidak dapat bekerja dengan baik.

Ciri-ciri terkena diabetes tipe 1 dan tipe 2 sebenarnya hampir sama. Namun, diabetes tipe 1 biasanya muncul dengan cepat dan menimbulkan gejala yang lebih berat.

Sedangkan diabetes tipe 2 berkembang secara perlahan dan seringkali tidak menimbulkan gejala yang jelas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan