- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Rakernas PDI-P Hari Ini Resmi Digelar, Jokowi dan Ganjar Hadir Bersama Elite Partai Lainnya.

  • Bagikan
Puan Maharani, Joko Widodo, Megawati, Ganjar Pranowo, dan Prananda Prabowo di Rakernas III PDI Perjuangan. (Foto: Twitter @PDIPerjuangan)

Indo1.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III selama tiga hari, mulai dari 6 hingga 8 Juni 2023, di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta.

Rakernas ini menjadi momentum untuk memperingati hari lahir Presiden RI pertama Sukarno pada 6 Juni 1901.

Rakernas PDI-P mengusung tema “Fakir Miskin dan Anak Terlantar Dipelihara oleh Negara”. Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, tema ini diambil dari salah satu pidato Sukarno yang menekankan pentingnya negara hadir untuk melindungi rakyatnya.

“Karena Rakernas ini dilaksanakan bertepatan dengan hari Lahir Bung Karno, pada 6 Juni 1901 beliau lahir, dan Putra Sang Fajar terus memberikan inspirasi dan ideologi Pancasila itu digali dari seluruh harapan bangsa Indonesia khususnya dialog dengan Bung Karno dan Pak Marhaen di Bandung Selatan,” kata Hasto dalam keterangan persnya, Selasa 6 Juni 2023.

Baca Juga :  Mulai 2 Juni 2023, Spider-Man Hadir di Free Fire

Rakernas PDI-P juga dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang merupakan kader partai berlambang banteng moncong putih itu. Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 09.45 WIB dengan mengenakan batik merah bercorak hitam.

Jokowi disambut oleh sejumlah pejabat teras PDI-P, seperti Ketua DPP PDI-P Prananda Prabowo atau Mas Nanan, Hasto Kristiyanto, Bendahara Umum PDI-P Olly Dondokambey, Wakil Ketua Bendahara Umum PDI-P Rudianto Tjen, dan Sekjen Senior Pramono Anung.

Selain itu, Jokowi juga disambut oleh bakal calon presiden 2024-2029 PDI-P Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Tampak Jokowi melempar senyum dan berjabat tangan erat cukup lama dengan Ganjar. Ganjar terlihat menundukkan kepala saat berjabatan tangan dengan Jokowi.

Baca Juga :  Moment Jokowi dan Ganjar Gandeng Megawati di Rakernas PDI-P, Tanda Kemesraan untuk Pilpres 2024?

Dalam Rakernas ini, Jokowi dijadwalkan akan memberikan arahan khusus terkait kebijakan pemerintah dalam memerangi kemiskinan serta berkaitan dengan Pemilu 2024.

“Mengingat Presiden Jokowi merupakan kader PDI Perjuangan,” sambung Hasto.

Sementara itu, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik di hadapan seluruh kader partai yang hadir. Namun demikian, pidato politik Megawati ini akan digelar secara tertutup untuk media karena berisikan strategi partai menghadapi Pemilu 2024.

Selain sambutan Presiden Jokowi dan pidato politik Megawati, Rekernas PDIP rencananya dijadikan agenda untuk menyusun visi misi Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Aspek pemerintahan ke depan, visi misi, strategi pemenangan Pemilu 2024, dan ideologi keberpihakan terhadap “Wong Cilik” juga akan dibahas secara khusus.

Baca Juga :  Jokowi Dan Ganjar Makin Akrab Tepis Keretakan Setelah Polemik FIFA

Rakernas PDI-P juga dihadiri oleh sejumlah kepala daerah yang merupakan kader partai. Di antaranya adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang akan memberikan arahan soal kebijakan pengentasan kemiskinan. Selain Gibran, hal yang sama juga akan dilakukan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, serta Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim.

Rakernas PDI-P ini diharapkan dapat menjadi ajang konsolidasi dan penguatan partai menjelang Pemilu 2024. PDI-P juga berkomitmen untuk terus berjuang untuk mewujudkan cita-cita Sukarno dalam membangun Indonesia yang adil dan makmur.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan