- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

PDI Perjuangan Tegaskan Dukung Sistem Pemilu Tertutup!.

  • Bagikan
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kritiyanto

Indo1.id II Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memastikan pihaknya tetap mendukung pelaksanaan sistem pemilu proporsional tertutup kendati mendapat ancaman dari 8 partai yang menolak sistem tersebut.

Sekadar informasi, 8 penolak sistem pemilu tertutup mengancam akan membentuk koalisi besar, tanpa PDIP pada Pemilu 2024. Itu artinya mereka akan berhadapan dengan PDIP dalam kontestasi politik tersebut. Di sisi lain, pemerintah dan DPR pada sidang Kamis kemarin juga menegaskan bahwa mereka tetap menghendaki pelaksanaan pemilu dengan sistem proporsional terbuka.

Perbedaan dalam cara pandang harus dilihat sebagai bagian dari iklim demokrasi. Pemerintah mungkin melihat demokrasi presidensil memerlukan sarat dukungan 50 persen plus 1 di parlemen. Sehingga kami bisa memahami sikap pemerintah.

Hasto mengungkapkan bahwa bagi PDIP, Mahkamah Konstitusi (MK) tetap akan mengambil keputusan atas judicial review bukan berdasarkan opini pendapat banyak orang. Tapi berdasarkan sifat kenegarawanan dari hakim MK.

PDIP diketahui menjadi satu-satunya partai di parlemen yang berharap sistem pemilihan bisa menjadi proporsional tertutup. Sementara itu, delapan fraksi seperti Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, PAN, PKS, Demokrat, dan PPP menginginkan proporsional terbuka tetap berlaku pada Pemilu 2024.

Baca Juga :  PKS Mencapreskan Anies Baswedan, Presiden PKS Sebut Darah Biru

Hasto menyebut bahwa bagi PDIP, sistem proporsional tertutup disertai dengan kesadaran untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kepemimpinan dari seluruh anggota Dewan. Agar menjalankan fungsi legislasi, anggaran, pengawasan, dan representasi serta desain bagi masa depan, betul-betul dipersiapkan dengan baik melalui kaderisasi partai.

Bukan sekadar popularitas atau mobilisasi kekuasaan kapital. Di dalam proporsional terbuka yang sering terjadi adalah melekat unsur nepotisme, melekat unsur mobilisasi kekayaaan untuk mendapatkan pencitraan bagi dukungan bagi pemilih

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan