- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Wisata Edukatif, Misteri UFO di Prasasti Candi Mendut, Pasti Tertarik!

  • Bagikan
Candi Mendut, Mungkid Magelang Jawa Tengah (Foto: Instagram @fahreza_2208)

Cerita fabel tersebut adalah sebagai berikut: Seorang brahmana bernama Dwijeswara datang dari dunia bawah untuk bersembahyang di gunung.

Di puncak gunung ia bertemu dengan seekor kepiting bernama Astapada yang sedang terancam oleh seekor elang bernama Suparna. Brahmana itu kemudian menyelamatkan kepiting itu dengan membawanya di pakaiannya.

Kepiting itu sangat berterima kasih kepada brahmana itu dan bersumpah untuk setia kepadanya.

Brahmana itu pun mengajak kepiting itu untuk tinggal bersamanya di dunia bawah. Namun, di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan seekor kura-kura bernama Akupara yang menawarkan diri untuk mengangkut mereka dengan cangkangnya.

Brahmana itu menyetujui tawaran kura-kura itu dan menaiki cangkangnya bersama dengan kepiting itu. Namun, di tengah sungai, kura-kura itu berniat untuk menenggelamkan mereka dan memakannya.

Baca Juga :  Menikmati Sore Hari di Bukit Shoka, Destinasi Favorit Para Kaum Senja di Gunung Kidul

Kepiting itu pun segera menyadari niat jahat kura-kura itu dan menggigit lehernya dengan kuat. Kura-kura itu pun mati dan terapung di permukaan air.

Brahmana itu sangat kagum dengan kesetiaan kepiting itu dan memuji-mujinya. Ia pun membawa kepiting itu ke dunia bawah dan menjadikannya sebagai sahabatnya. Mereka pun hidup bahagia selamanya.

Baca Juga :  Ini Alasan Turis Rusia Merasa Nyaman Berlibur Di Bali, Apa Tuh?

Demikianlah cerita fabel ternyata yang menjadi latar belakang relief brahmana dan kepiting di Candi Mendut. Cerita ini mengandung pesan moral tentang pentingnya kesetiaan, keberanian, dan kebaikan hati.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan