- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Keindahan Laut Natuna Yang Sempat Diakui Tiongkok dan Malaysia!

  • Bagikan
Pemandangan eksotis di Pulau Jolek Natuna. (Foto: instagram @discoverykepri)

Sejak itu, kedua negara terus beradu diplomasi dan militer untuk menegaskan kedaulatan mereka di laut Natuna.

Sementara itu, Malaysia juga memiliki klaim atas sebagian laut Natuna, khususnya di sekitar Pulau Senoa yang merupakan pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia Timur.

Pulau Senoa memiliki pemandangan alam yang sangat indah, dengan air laut yang jernih dan terumbu karang yang cantik. Pulau ini juga menjadi tempat wisata bagi para penyelam dan snorkeler.

Baca Juga :  Destinasi Terbaik untuk Merayakan Natal di Seluruh Dunia

Namun, karena letaknya yang dekat dengan Malaysia, pulau ini sering dijadikan tempat singgah oleh nelayan-nelayan Malaysia yang mencari ikan di perairan Natuna.

Bahkan baru baru ini, Seorang ilmuwan asal Malaysia tiba-tiba membuat pernyataan mengejutkan dengan mengatakan berdasarkan sejarah bawah laut Natuna merupakan milik negara Malaysia. 

Mohd Hazmi Modh Rusli, dosen senior di Universiti Sains Islam Malaysia mengklaim sejarah Kepulauan Natuna tidak terlepas dari pengaruh negara-negara bagian di Malaya yang kemudian dikenal dengan Malaysia.

Baca Juga :  Wisata Sukamakmur Magelang, Destinasi Baru dengan Pemandangan Sawah Terasering dan Gunung Sumbing

Meskipun ada sengketa dan konflik di sekitarnya, laut Natuna tetap menawarkan keindahan alam yang luar biasa bagi para wisatawan.

Daerah sekitar laut Natuna merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata di Indonesia. Pulau Bawah yang ada di Kepulauan Anambas termasuk dalam 5 Pulau Tropis Terbaik Asia.

Sedangkan Pantai Trikora dan Pantai Lagoi di Pulau Bintan adalah pantai tujuan para turis asing, khususnya turis dari Singapura dan Malaysia.

Baca Juga :  Pantai Clungup, Wisata Laut dengan Pasir Putih di Kawasan Konservasi Sendangbiru

Selain itu, nama Natuna sendiri diambil dari bahasa Belanda yaitu Natunae, yang berarti alami.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan