Indo1.id – Dengan biaya produksi game semakin lama semakin bertambah, studio game dan juga publisher mulai memilih ambil jalan aman dan membuat game dengan formula yang sudah terbukti sukses.
Alhasil, inovasi baru semakin menjadi fenomena langka.
Namun hal ini bukan berarti beberapa studio tak ingin mencoba ide-ide baru. Masih ada beberapa momen di mana sebuah game rilis dengan mekanik atau sistem yang tak pernah dilakukan game lain, dan sampai sekarang pun belum ada yang mencobanya.
Pada list kali ini, kami akan menderetkan beberapa game dengan mekanik yang belum bisa dibilang belum pernah ditiru. Mau itu karena eksekusinya yang sulit, atau karena “pelit” dari penciptanya.
1. Shadow of Mordor & Shadow of War – Nemesis
Awalnya dipandang sebagai clone Assassin’s Creed, Middle-Earth: Shadow of Mordor mengejutkan gamer tak hanya lewat gameplay dan combat yang asik, tetapi juga karena sistem Nemesis-nya yang unik.
Pada game ini, setiap NPC musuh memiliki interaksi dan mengingat aksi pemain kepadanya. Mereka juga miliki hirarki dan pangkat yang terus meningkat apabila mereka berhasil membuhuh pemain.
Sistem ini membuat Shadow of Mordor dan juga sekuelnya seakan membuat pengalaman naratif sampingan tersendiri tentang karaktermu dengan Uruk yang secara bertahap menjadi musuh abadimu sampai akhir game.
Sistem ini sayangnya masih eksklusif di franchise tersebut karena Monolith dan Warner Bros memutuskan untuk membuat paten akan mekanik tersebut.
Sampai tahun 2035 mendatang, takkan ada game yang mampu mereplika sistem ini yang di mana sangat disayangkan melihat potensinya yang bisa lebih menarik lagi jika terus diperbarui studio lain.