- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Arkeolog Temukan Pedang Zaman Perunggu yang Masih Berkilau di Jerman

  • Bagikan
Pedang ini berusia 3000 th ditmeukan di Jerman, diperkirakan berasal dari Zaman Perunggu. (Foto: Bayerisches Landesamt für Denkmalpflege)

Indo1.id – Sebuah pedang zaman perunggu yang diperkirakan berusia lebih dari 3000 tahun ditemukan dalam kondisi terpelihara dengan baik oleh arkeolog di Jerman.

Pedang itu ditemukan minggu lalu di sebuah situs penggalian di Donau-Ries, antara Nuremberg dan Stuttgart, di selatan Jerman.

Pedang itu memiliki gagang segi delapan yang terbuat dari perunggu dan berasal dari kuburan tiga orang, satu pria, satu perempuan, dan satu anak laki-laki.

Baca Juga :  Resep Bibi Doris’ Chocolate Cake, Kue Cokelat Legendaris dari Jerman

Belum diketahui apakah ketiga orang itu memiliki hubungan keluarga atau tidak. Mereka dikuburkan secara berurutan bersama dengan benda-benda perunggu lainnya.

Kantor Perlindungan Monumen Negara Bagian Bavaria mengatakan bahwa pedang itu berasal dari akhir abad ke-14 SM, pertengahan Zaman Perunggu.

Pedang itu masih terlihat berkilau karena mengandung tembaga, logam yang teroksidasi saat terkena udara dan air.

Baca Juga :  Lumat Belarus 4-0, Jerman Mulus ke Putaran Piala Eropa 2020

Pedang itu dianggap sebagai temuan yang langka dan luar biasa, karena kebanyakan pedang zaman perunggu telah hilang atau dijarah.

Hanya orang-orang yang memiliki kemampuan khusus yang bisa membuat pedang dengan bentuk dan teknik seperti itu.

  • Bagikan