- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Wisata Religi Pulau Panjang Jepara, Jejak Spiritualitas di Tengah Keindahan Alam

  • Bagikan
Wisata Religi Pulau Panjang Jepara. Foto: Laduni.

Indo1.id – Pulau Panjang, yang terletak di Kelurahan Ujung Batu, Jepara, Jawa Tengah, tidak hanya dikenal karena keindahannya yang memukau, tetapi juga karena destinasi wisata religinya, yaitu Makam Syekh Abu Bakar Bin Ba’alawy.

Syekh Abu Bakar merupakan seorang guru besar dan penyebar Agama Islam di pesisir pantai utara Jawa Tengah.

Setiap tahunnya, terutama menjelang bulan Suro atau perayaan Islam lainnya, pulau ini menjadi ramai oleh kedatangan peziarah yang hendak mengenang jasa sang guru besar tersebut dan mendoakan keberkahan bagi beliau.

Baca Juga :  Likupang, Destinasi Super Prioritas dengan Pesona Alam Menakjubkan.

Daya tarik utama Pulau Panjang ini adalah keberadaan makam Syekh Abu Bakar Bin Ba’alawy, yang semakin dikenal sejak diadakannya kegiatan haul oleh Habib Lutfi, seorang tokoh dari Pekalongan, pada tahun 2001.

Sejak saat itu, Pulau Panjang menjadi semakin populer sebagai destinasi wisata religi.

Para pengunjung Pulau Panjang tidak hanya menikmati keindahan alamnya, tetapi juga melakukan ziarah ke makam sang guru besar untuk melaksanakan ritual ngalap berkah, sebuah tradisi untuk memohon keberkahan.

Baca Juga :  Ziarah Makam Sunan Ampel, Destinasi Wisata Religi yang Menyimpan Sejarah!

Momen yang paling ramai adalah saat Hari Raya Idulfitri, di mana peziarah dari berbagai daerah berkumpul untuk berziarah, ngalap berkah, dan menikmati panorama indah Pulau Panjang yang terletak 2,4 km dari pantai Kartini.

Dalam silsilah keturunan para Walisongo yang kebanyakan adalah keturunan ke-22 dari Rasulullah SAW, Syekh Abu Bakar bin Ba’alawy berada di urutan ke-29 dari Sayyidil Mursalin.

Baca Juga :  Yuk Nikmati Wisata Air Terjun Piala, Luwuk Banggai di Akhir Pekan!

Makam sang guru besar ini terletak di dalam sebuah bangunan yang mirip masjid di Pulau Panjang.

  • Bagikan