- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Sosok Fahd El Fouz Arafiq Pengubah KNPI Menjadi Organisasi Inklusif di Indonesia

  • Bagikan
Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia Fahd El Fouz Arafiq periode 2015 - 2018,

indo1.id – Keberadaan Organisasi Komite Nasional yang sudah berdiri sejak 23 Juli 1973 merupakan organisasi wadah berhimpun Pemuda Indonesia yang sangat fundamental, dengan sejarah di pimpin oleh para tokoh yang berpengaruh di Indonesia.

Kebesaran Organisasi KNPI menjadikan organisasi ini eksklusif dan tidak bisa dengan mudah pemuda Indonesia bisa aktif di organisasi ini, dengan berbagai kerumitan feodal seperti tingkat senioritas, kadang status sosial atau anak putra mahkota istilah anak berada yang bisa mudah di rekomendasi melalui Organisasi Kemasyarakatan Pemuda masuk di KNPI pada eranya.

Masa masa feodal dan eksklusif di KNPI terombak dan luntur saat Kepemimpinan Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia Fahd El Fouz Arafiq periode 2015 – 2018, dimana semua menjadi inklusif, semua pemuda dapat bergabung di KNPI, ekslusifisme Organisasi Kepemudaan Tingkat Nasional juga kian inklusif dan bersahabat, semua pemuda dari berbagai organisasi bisa masuk dan aktif menjadi pengurus KNPI.

Hal ini di gambarkan oleh Sekretaris Jenderal DPP KNPI Dr. Ilyas Indra.

Kepemimpinan Fahd Arafiq (panggilan akrabnya), pada periode 2015 – 2018 menghancurkan feodalisasi di KNPI, urutan kaderisasi boleh saja sebelum menjadi pengurus DPP KNPI seseorang menjadi pengurus di Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi, tetapi bila memang memiliki kapasitas tentu seseorang bisa langsung aktif di pengurus dpp KNPI.

Ruang itu dibuka lebar saat kepengurusan DPP KNPI periode 2015 – 2018

dimana pertimbangan kapasitas dan ruang dan peluang berimbang

dan tidak di halangi seseorang untuk aktif langsung di DPP KNPI,

tentu dengan rekomendasi Organisasi yang berhimpun di KNPI.

Fahd arafiq sebagai simbol Pemimpin Pemuda Nasional yang saat itu menjadi Ketua Umum DPP KNPI di usia cukup muda untuk ukuran KNPI yakni 32 tahun juga bisa menjadikan para senior membaur dan inklusif.

Ggerbong dalam pengurus KNPI di rangkul semua potensi baik kalangan pemuda biasa, kalangan unsur potensi pemuda elit, kalangan pemuda artis dimana kesemuanya melebur inklusif ketika menjadi pengurus dpp KNPI.

Dan jiwa inklusifisme yang  ada di Ketua Umum Fahd Arafiq tidak menjadikan kelunturan disiplin kaderisasi Organisasi, dalam kondisi apapun DPP KNPI yang sempat dipimpinya kongres tepat waktu di 2018 dan ketika menjadi Ketua Majelis Pemuda Indonesia 2018 – 2021 beliau juga mengawal DPP KNPI Kongres tepat waktu di tanggal 20 – 23 September 2021 DPP KNPI telah Kongres di Lombok dan terpilih Saudara Raden Andreas Nandhiwardana menjadi Ketua Umum DPP KNPI periode 2021 – 2024.

Jiwa kepemimpinan Fahd Arafiq yang inklusif di DPP KNPI pada masanya menjadikan organisasi ini lebih terbuka, masyarakat pemuda lebih bisa masuk untuk tahu dan aktif di KNPI kedepan di semua tingkatanya.

Memang sudah seharusnya demikian, bukan kalangan elit dan ekslusif bisa aktif di KNPI tapi seluruh pemuda Indonesia baik dari kalangan biasa asal sesuai dengan mekanisme organisasi bisa aktif dan berkader di KNPI, hal ini sesuai dengan semangat KNPI bahwa secara umum anggota KNPI adalah seluruh pemuda Indonesia.

Dr. Ilyas Indra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh : Dr. Ilyas Indra
Sekretaris Jenderal DPP KNPI

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *