- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Manfaat Banyak Minum Air Putih bagi Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Manfaat Banyak Minum Air Putih bagi Kesehatan Tubuh ( Foto: Freepik)

Indo1.id – Tanpa adanya asupan air dengan minum air putih yang cukup , kita tidak dapat menjaga suhu tubuh normal, melumasi sendi, atau membuang zat sisa melalui keringat, urine, dan buang air besar.

Tubuh sangat memerlukan air atau cairan yang berguna dalam proses pencernaan, penyerapan zat atau nutrisi makanan untuk energi, sirkulasi darah, transportasi nutrisi, memproduksi cairan atau air ludah, serta mempertahankan suhu tubuh.
Oleh karena itu, perlu banyak mengonsumsi air agar tubuh tidak dehidrasi atau kekurangan air, yang bisa menyebabkan tubuh lemas, otot lemah dan kram, tidak fokus, serta meningkatkan risiko kelelahan.

Umumnya, sering mendengarkan nasihat bahwa kita perlu minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap hari atau setara dengan 1,5 liter.

Bisa mendapatkan cakupan air yang cukup setiap hari dengan meminum air putih dan mengonsumsi cairan seperti sup dan minuman ringan, beserta sayur dan buah yang mengandung air.

Bila saat berolahraga atau berlari, Akan memerlukan air yang lebih banyak, sebelum, saat, dan setelah melakukannya. Tubuh sangat bergantung pada cairan untuk tetap menjaga kehidupannya sehingga butuh minum air putih dalam jumlah cukup.

Baca Juga :  Simak Manfaat dan Khasiat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui!

Ada beberapa fakta lain dari manfaat Air Putih bagi tubuh yang perlu diketahui :

1. Membangkitkan otot
Sel-sel otot yang tidak memiliki cairan yang cukup tidak akan mampu mempertahankan cairan dan elektrolit, sehingga otot akan kelelahan. Otot tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya akan berkurang.

2. Menjaga kulit tetap bercahaya
Kulit sebenarnya mengandung banyak sekali air yang berfungsi untuk mencegah hilangnya cairan tubuh berlebihan. Akan tetapi, jangan harap kalau kelebihan cairan tubuh bisa jadi cara ampuh menghilangkan kerutan dari garis pada kulit.

Baca Juga :  Manfaat Tidur 'Telanjang' Bagi Kesehatan, Coba Deh!

3. Memelihara fungsi ginjal
Cairan tubuh merupakan “alat transportasi” limbah yang keluar masuk sel. Racun utama dalam tubuh yaitu nitrogen urea darah, sejenis cairan yang bisa melewati organ ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urine.

Saat cairan tubuh mencukupi, urine yang normal akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika tidak cukup, konsentrasi urine, warna, dan baunya akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan