- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Gulai Siput Khas Melayu, Berani Mencoba?

  • Bagikan
????? ????? ??? ?????? ????.

Indo1.id II Gulai Siput sendiri dalam bahasa dialek Kuantan Singingi disebut dengan “Gulai Cipuik”, sedang dalam bahasa Melayu Rokan disebut dengan Rengkitang. Warga Riau lainnya ada yang menyebutnya “Gulai Tengkuyung”, masakan “Gulai Siput Masak Keladi” atau “Gulai Siput Lonceng”.

Gulai dengan bahan baku utama siput laut ini dibuat dari campuran daun ubi jalar.

Gulai siput ini menjadi makanan yang paling digemari karena rasanya yang enak, unik, dan dapat dengan cepat mengembalikan stamina yang hilang.

Cara makannya pun unik, sembari menikmati bumbu kuah kuning yang terasa asam pedas, daging siput disedot langsung dari cangkangnya. Karena itu, masakan ini disebut gulai siput sedut.

Bahan pembuat Gulai Siput, yang utamanya adalah siput, dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional Riau.

Baca Juga :  Resep Sederhana Cara Membuat Udang Balado dengan Daun Jeruk

Jadi terkadang tak perlu berburu langsung di sawah-sawah atau tempat lainnya untuk mendapatkan siput itu. Dan tentu saja yang dijual di pasar tradisional adalah siput yang sudah bersih.

Siput sedut atau juga dikenali sebagai belitung. Siput mata merah ini merupakan sejenis kerang-kerangan siput air tawar yang boleh dimakan dan banyak dijual di pasar, terutama pasar tani. Nama sainsnya adalah Cerithidea obtusa.

Membuat gulai siput ini terbilang gampang-gampang susah. Susah karena siput jenis ini sulit ditemukan di beberapa daerah di Nusantara, khususnya bagian Jawa.

Baca Juga :  Resep Tahu Mercon: Pilihan Camilan Nikmat untuk Teman Minum Kopi

Paling banyak mereka hidup di pesisir Kepulauan Riau. Gampang karena dalam membuatnya bumbu dan prosesnya terbilang sederhana.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan