- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Apakah Sah Bayar Zakat Fitrah Online? Begini Hukum dan Penjelasannya!

  • Bagikan
Ilustrasi orang berzakat fitrah. (Dok. Freepict)

Indo1.id – Seiring dengan berkembangnya era digitalisasi, pembayaran zakat fitrah Ramadhan 2023 pun sudah banyak dilakukan secara online.

Namun, sebenarnya bagaimana hukum dari zakat fitrah secara online ini?

Unsur pokok yang terdapat dalam zakat fitrah adalah pemberi zakat (muzakki), harta zakat, dan penerima zakat (mustahik).

Adapun unsur penting lainnya, meskipun tidak wajib dalam penyerahan zakat fitrah, yaitu pernyataan muzakki dan doa mustahik.

Baca Juga :  Keutamaan Menerima Zakat, Meskipun Kita Tidak Memintanya! Simak Hadistnya!

Menurut Dr. Irfan Shauqi Beik, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS,  “Apapun yang memudahkan seseorang menunaikan kewajiban ibadah zakatnya, tanpa melanggar hal-hal syar’i maka pada dasarnya hukumnya boleh, termasuk membantu memudahkan membayar Zakat secara online.” tuturnya kepada awak media, Selasa 18 April 2023.

Disii lain, Kementerian Agama pun telah mengeluarkan surat edaran menyikapi pembayaran zakat fitrah Ramadhan 2023 secara online. Yang pad aintinya, hukum bayar zakat fitrah online tetap sah selama orang yang membayarkan zakat tersebut mengucapkan niat zakat fitrah.

Baca Juga :  Eite War, Game Perang Online yang Mengasah Strategi dan Kerjasama

Oleh karenanya, meski pembayaran dilakukan secara online, pembayar zakat atau muzakki harus tetap mengucapkan niat zakat fitrah.

Ini dilakukan agar hukum bayar zakat fitrah Ramadhan 2023 secara online tetap sah.

Melakukan pembayaran zakat fitrah secara online memberi kemudahan dan kepraktisan bagi umat muslim yang tak sempat datang ke masjid.

Saat ini pun sudah ada banyak lembaga pengelola zakat yang menyediakan layanan bayar zakat fitrah online, salah satunya Baznas milik pemerintah. Jadi jangan ragu-ragu lagi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan