Simak Manfaat Kina Yang Tidak Kita Ketahui! Salah Satunya Obat Malaria!

  • Bagikan
Tumbuhan Kina. (Dok. Jagad Tani)

Selain itu, manfaat kina lainnya adalah dapat mengatasi parasit dan protozoa dalam usus yang dapat menyebabkan berbagai masalah dalam pencernaan.

3. Mengatasi beberapa gangguan jantung
Tanaman kina juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Penggunaan kina untuk jantung telah dilakukan sejak akhir abad ke -17. Pada paruh pertama abad ke-18, ditemukan penggunaan kina untuk pengobatan masalah jantung dan aritmua.

Manfaat ini didapatkan dari zat alkaloid lain yang ditemukan dalam kina yaitu kuinidin. Hingga hari kuinidin yang diproduksi dari kuinin masih digunakan sebagai pengobatan untuk aritmia. Kuinidin dihasilkan dari kina alami, karena hari ini belum tercipta sintetisnya.

4. Digunakan sebagai obat flu
Mengatasi berbagai gejala flu juga merupakan salah satu manfaat kina. Kina digunakan untuk mengatasi influenza ringan, flu biasa, bahkan flu babi. Kina dapat menurunkan gejala flu seperti bersin-bersin, hidung mampet, dan lainnya.

Baca Juga :  Tahu Kacang Koro? Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Jantung dan Tubuh!

Tanaman kina juga bisa membantu menurunkan demam  karena termasuk ke dalam obat antipiretik atau penurun demam.

5. Membantu mengatasi kanker
Kina juga tercatat sebagai salah satu obat untuk terapi kanker. Penggunaan kina sebagai obat tradisional untuk kanker dilakukan di Amerika Selatan. Kina dipercaya dapat mengobat beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker hati, kanker limpa, dan beberapa jenis kanker lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan