- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Keuangan Syariah Berpotensi Pacu Ekonomi Masyarakat Maluku Utara

  • Bagikan
πΎπ‘’π‘’π‘Žπ‘›π‘”π‘Žπ‘› π‘†π‘¦π‘Žπ‘Ÿπ‘–π‘Žβ„Ž π΅π‘’π‘Ÿπ‘π‘œπ‘‘π‘’π‘›π‘ π‘– π‘ƒπ‘Žπ‘π‘’ πΈπ‘˜π‘œπ‘›π‘œπ‘šπ‘– π‘€π‘Žπ‘ π‘¦π‘Žπ‘Ÿπ‘Žπ‘˜π‘Žπ‘‘ π‘€π‘Žπ‘™π‘’π‘˜π‘’ π‘ˆπ‘‘π‘Žπ‘Ÿπ‘Ž (𝑀 𝑏𝑖𝑠𝑛𝑖𝑠 π‘“π‘œπ‘‘π‘œ)

Indo1.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri upacara pengangkatan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Maluku Utara, yang diselenggarakan di Sahid Bella Hotel Ternate pada hari Rabu (10/05/2023). Wapres hadir dalam rangka kunjungan kerjanya di kota Ternate dan Kota Tidore selama tiga hari.

Pelantikan pengurus KDEKS berdasarkan Keputusan Gubernur Maluku Utara Nomor: 350/KPTS/MU/2023 tanggal 5 Mei 2023 tentang Pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Provinsi Maluku Utara, yang diadakan pada hari Rabu (10/05/2023).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan apresiasi atas terbentuknya KDEKS di Maluku Utara sebagai bentuk komitmen pemerintah Provinsi Maluku Utara untuk mendukung percepatan pembangunan di wilayah tersebut melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Baca Juga :  KUR di Pegadaian resmi Dibuka tanggal 8 February kemarin

“KDEKS di Maluku Utara diharapkan menjadi motor penggerak dalam mengkaji dan menggali berbagai potensi serta fokus pada pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di daerah ini,” kata Wapres.

Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa ekosistem ekonomi syariah perlu diperkuat dan KDEKS beserta pemangku kepentingan terkait harus bergerak lebih cepat. Hal ini sesuai dengan amanah MEKSI 2019-2024 yang menargetkan Indonesia menjadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia menuju Indonesia Emas 2045.

Lebih lanjut, Wapres menyatakan bahwa pengelolaan keuangan sosial syariah seperti zakat, infak, shadaqah, dan wakaf yang sudah berkembang di masyarakat Maluku Utara harus diarahkan juga untuk tujuan produktif, bukan hanya sebagai bantalan atau jaring pengaman sosial.

Baca Juga :  Optimis Kalsel Jadi Simpul Ekonomi Dan Keuangan Syariah Setelah Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Halal Fair 2023

Tidak hanya itu, dalam mendukung ekonomi dan keuangan syariah di Maluku Utara, perlu didorong dan dioptimalkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang ekonomi dan keuangan syariah di institusi pendidikan dan perguruan tinggi Provinsi Maluku Utara. Selain itu, Maluku Utara juga dikenal sebagai pusat Pendidikan Agama Islam seperti Pesantren untuk wilayah Timur Indonesia.

“Oleh karena itu, ekonomi dan keuangan syariah harus menjadi pilihan aktifitas perekonomian yang dapat diterima dengan terbuka oleh seluruh masyarakat Maluku Utara, sesuai dengan konsep ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif dan universal yang dapat dijalankan oleh siapa saja, tidak terbatas pada umat Islam saja,” kata Wapres.

Baca Juga :  UMKM Terancam Dengan Adanya Impor Ilegal Pakaian Bekas.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gansi Kasuba dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga karena pengukuhan ini dapat dihadiri langsung Wakil Presiden Maruf Amin yang diharapkan dapat dimaknai oleh semua pengurus dapat memacu semangat pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam percepatan implementasi program ekonomi syariah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan