Indo1.id – Kesepakatan telah diambil oleh para pemimpin negara anggota ASEAN pada pertemuan sub-regional Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle Summit ke-15 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada hari Kamis (11/5/2023) untuk mempromosikan Indonesia, Malaysia, dan Thailand sebagai satu paket destinasi wisata.
Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, telah mengumumkan bahwa salah satu kesepakatan yang akan diambil pada IMT GT Summit ke-15 adalah diluncurkannya kampanye pariwisata IMT-GT Visit Year 2023-2025.
Tujuan dari kampanye ini adalah untuk mempromosikan Indonesia, Malaysia, dan Thailand sebagai satu paket destinasi wisata, sehingga para wisatawan yang mengunjungi salah satu negara anggota IMT akan diharapkan melanjutkan perjalanan ke negara anggota IMT yang lain.
“Dalam situasi darurat pandemi yang telah dicabut, kampanye ini juga bertujuan untuk mempercepat pemulihan pariwisata di kawasan sekaligus mempromosikan Indonesia, Malaysia, dan Thailand sebagai satu destinasi wisata,” jelas Sandiaga dalam konferensi pers di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada hari Rabu (10/5/2023).
Sandiaga mengungkapkan bahwa pembahasan kampanye IMT GT Visit telah dilakukan sejak KTT ASEAN ke-41 atau pada IMT-GT Summit ke-14 di Phnom Penh, Kamboja pada 10 November 2022 lalu. Kampanye ini merupakan salah satu visi ASEAN pada tahun 2036, yaitu membangun pariwisata yang berkelanjutan, bersaing, inklusif, dan lintas negara.