- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Manfaat Kesehatan dari Minyak Eucalyptus, Jarang Diketahui!

  • Bagikan
?????? ??????????. (?????? ??????? ????)

Indo1.id – Minyak Eucalyptus, yang berasal dari daun tanaman eucalyptus (Eucalyptus Globulus), memiliki sejumlah manfaat yang jarang diketahui.

Tanaman ini berasal dari Australia dan telah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia, seringkali disamakan dengan kayu putih, tetapi keduanya memiliki perbedaan yang mencolok.

Cajuput oil, dihasilkan dari penyulingan daun dan ranting kayu putih (Melaleuca leucadendra).

Manfaat keduanya juga berbeda, dan dalam artikel ini akan dibahas manfaat kesehatan khusus yang terkait dengan minyak eucalyptus, seperti dilaporkan oleh Womantalk.

Baca Juga :  Tak Hanya Harum, Bunga Melati Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Lho, Simak!

Berikut ini adalah manfaat kesehatan dari minyak eucalyptus:

Membantu Mengatasi Masalah Pernafasan

Minyak eucalyptus memiliki sifat antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, antiinflamasi, dan dekongestan, sehingga sangat bermanfaat dalam membantu mengatasi masalah pernafasan seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sinusitis.

Studi yang dipublikasikan di Journal Laryngoscope menunjukkan bahwa minyak eucalyptus yang sudah distilasi dapat membantu mengobati sinusitis non-bakteri. Selain itu, daun eucalyptus yang mengandung aroma dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan meredakan saluran pernafasan. Minyak eucalyptus juga sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan obat batuk dan pilek.

Baca Juga :  Bunga Kenanga: Aromaterapi yang Menenangkan dengan Banyak Manfaat Kesehatan

Mengatasi Nyeri Sendi

Minyak eucalyptus memiliki sifat analgesik, antiinflamasi, dan efek yang menenangkan. Hal ini membuat minyak eucalyptus cocok bagi penderita rematik, sakit pinggang, terkilir, otot kaku, pegal-pegal, dan nyeri saraf. Penggunaannya juga cukup mudah, dapat digunakan sebagai minyak pijat atau dioleskan langsung pada area yang terasa nyeri.

Melindungi dari Gigitan Serangga

Baca Juga :  Manfaat dan Khasiat Kayu Kaboa, Asli Pantai Sancang Jawa Barat!

Kandungan aromatik pada minyak eucalyptus juga dapat melindungi tubuh dari gigitan serangga seperti nyamuk dan semut. Anda juga dapat mengoleskan beberapa tetes minyak eucalyptus pada rambut untuk melindunginya dari serangan kutu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan