Manfaat dan Khasiat Black Garlic, Banyak Sekali Yang Gak Tahu!

  • Bagikan
Black Garlic dari bawang putih yang di fermentasi. (Foto : instagram @food4life)

Indo1.id – Black garlic atau bawang putih hitam adalah bawang putih biasa yang telah difermentasikan dalam suhu dan kelembapan tertentu.

Proses ini menjadikan bawang putih berwarna hitam, lebih manis, dan memiliki tekstur kenyal. Black garlic memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah Infeksi
Black garlic memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang berarti antioksidannya juga tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker, jantung, dan lain sebagainya.

Selain itu, black garlic juga mampu mencegah infeksi virus, bakteri dan jamur karena memiliki sifat antibakteri, antiviral dan antijamur.

Baca Juga :  Tips Mengurangi Kebiasaan Ngemil Untuk Menjaga Kesehatan

2. Menurunkan Gula Darah
Black garlic dapat membantu menurunkan gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin dan menghambat enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat.

Insulin adalah hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Jika sensitivitas insulin rendah, maka tubuh akan sulit menyerap gula darah, sehingga meningkatkan risiko diabetes.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol
Black garlic dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Kolesterol adalah jenis lemak yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai fungsi, namun jika berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Black garlic dapat menghambat sintesis kolesterol di hati dan meningkatkan pembuangan kolesterol melalui empedu.

Baca Juga :  Cara Budi Daya, Manfaat, dan Klasifikasi Jamur Kuping

4. Mematikan Sel-sel Kanker
Black garlic memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, bahkan dua kali lipat dibandingkan dengan bawang putih biasa.

Antioksidan dapat membantu memerangi radikal bebas, yaitu molekul yang dapat merusak DNA sel dan menyebabkan mutasi genetik yang berpotensi menjadi kanker.

Black garlic juga mengandung senyawa bioaktif seperti polifenol, flavonoid, alkaloid, dan S-Allylcysteine (SAC), yang dapat memicu apoptosis atau kematian sel-sel kanker.

Baca Juga :  Prevalensi Skoliosis di Indonesia Mencapai 3-5% 'Pentingnya Deteksi Dini dan Penanganan Holistik'

5. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah
Black garlic dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Tekanan darah adalah tekanan yang diberikan oleh darah pada dinding pembuluh darah. Jika tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka dapat menyebabkan gangguan pada jantung, ginjal, otak, dan organ lainnya.

Black garlic juga mengandung kalium, magnesium, dan zat besi, yang berperan dalam mengatur tekanan darah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan