- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Ternyata Kopi Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut, Sudah Tahu? Simak Penjelasanya!

  • Bagikan
??????? ???? ????? ????ℎ???? ??????. (??????????? ????)

Indo1.id – Kopi adalah salah satu minuman yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang.

Selain menjadi minuman yang nikmat, kopi juga memiliki manfaat bagi kesehatan rambut.

Selain sebagai penangkal kantuk karena kandungan kafeinnya, kopi juga memiliki beberapa manfaat yang jarang diketahui terkait kesehatan rambut.

Berikut ini empat manfaat kopi untuk menjaga kesehatan rambut:

Mencegah Kerontokan

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Kafein merangsang pertumbuhan rambut, meningkatkan kesehatan kulit kepala, dan membuat rambut menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, kopi sering digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan rambut yang mengalami kerontokan. Cara menggunakannya adalah dengan menaburkan bubuk kopi ke kulit kepala atau menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kopi saat keramas.

Baca Juga :  Manfaat Luar Biasa dari Biji Pepaya untuk Kesehatan, Belum Tahu Kan? Simak!

Pewarna Alami

Kopi juga dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk rambut. Jika rambut terlihat kusam atau mulai beruban, menggunakan pewarna rambut kimia secara terus-menerus dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak. Kamu dapat menggunakan kopi sebagai alternatif pewarna alami untuk rambut. Caranya cukup mudah, yaitu mencampurkan bubuk kopi dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan secara merata ke seluruh rambut. Agar hasilnya maksimal, lakukan proses ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga :  Manfaat Kangkung untuk Kesehatan Anak, Baik untuk Otak Si Kecil

Mengharumkan Rambut

Aktivitas di luar ruangan yang intens seringkali membuat rambut menjadi mudah berkeringat. Selain menyebabkan bau tidak sedap pada tubuh, keringat juga dapat menimbulkan bau yang tidak enak pada rambut. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menggunakan kopi. Caranya cukup mudah, larutkan kopi dengan air dan gunakan larutan tersebut sebagai masker rambut. Hal ini akan membantu menghilangkan bau tidak sedap pada rambut.

Baca Juga :  Punya Masalah Lengan Yang  Kendor dan Bergelambir? Simak Tips Mengatasinya Supaya Lebih Pede!

Menghilangkan Ketombe

Manfaat lainnya dari kopi untuk kesehatan rambut adalah kemampuannya dalam mengatasi ketombe. Kopi berfungsi sebagai eksfoliator yang dapat mengangkat sel kulit mati di kulit kepala, sehingga membantu menghilangkan ketombe dan kotoran pada kulit kepala. Sebelum keramas, taburkan bubuk kopi ke kulit kepala dan pijat secara perlahan. Kemudian, bilas rambut dengan air hingga bersih.

Demikianlah empat manfaat kopi yang jarang diketahui untuk kesehatan rambut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan